Berwisata di Gumuk Pasir Parangkusumo, Ini 5 Aktivitas yang Bisa Dinikmati

Andaru Danurdana, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 408 2449777 berwisata-di-gumuk-pasir-parangkusumo-ini-5-aktivitas-yang-bisa-dinikmati-RkGIOfEU3A.jpg Gumuk Pasir Parangkusumo di Bantul, DI Yogyakarta (visitjogja.com)

GUMUK Pasir Parangkusumo salah satu destinasi populer di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati saat liburan ke wisata mirip gurun yang terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul ini.

Sebelum PPKM Darurat diberlakukan, wisata Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 6 sore. Wisatawan bisa menyewa peralatan untuk berseluncur di pasir.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Gratis Tiket Masuk, Apa Saja?

Mengutip Travels Promo, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo :

1. Sandboarding

Gumuk pasir merupakan fenomena alam yang langka di dunia, apalagi di Indonesia. Karena keunikan strukturnya, gumuk pasir sangat cocok untuk aktivitas sandboarding.

Berselancar di atas pasir bisa jadi sebuah kegiatan memacu adrenalin yang cocok untuk semua kalangan; dan karena berada di atas pasir, wisatawan tak perlu takuk cidera parah ketika jatuh.

Sandboarding di Parangkusumo biasanya dibanderol dengan harga Rp 70 ribu per-papannya. Tak ada batas waktu, wisatawan bisa berseluncur ria dari pagi hingga tempatnya tutup.

2. Berkeliling Pantai

Ke daerah Parantritis tentunya tak lengkap tanpa ke pantai. Di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo, terdapat tiga pantai yang bisa dikunjungi wisatawan; Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Cemara Sewu.

Baca juga: Wisata Lebaran di Yogyakarta, Serunya Main ke Taman Gumuk Pasir

Tak perlu bingung mencari, tiga pantai ini masih berada dalam satu garis pantai yang sama, hanya dibagi berdasarkan letaknya saja.

Ilustrasi

Tentunya Pantai Parangtritis dan Parangkusumo adalah dua pantai yang hampir tak pernah sepi pengunjung karena ketenarannya. Bagi yang ingin tempat yang lebih sepi, wisatawan bisa mencoba berjalan sekitar 550 meter ke Pantai Cemara Sewu.

3. Menonton Sunset

Selain gunung, pantai juga identik dengan fenomena romantis bernama sunset. Di gumuk pasir, wisatawan bisa menunggu hingga senja dan menonton matahari terbenam di perairan Parangtritis.

Seperti poin sebelumnya, ada tiga spot tambahan yang bisa dikunjungi jika ingin melihat sunset lebih dekat dan lebih rendah: Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, atau Pantai Cemara Sewu.

4. Naik Jeep di Atas Pasir

Ingin berjalan-jalan tapi tak mau berjalan? Jangan khawatir, di daerah Parangkusumo terdapat banyak penyewaan mobil Jeep yang cocok untuk mengarungi pasir pantai.

Cocok bagi wisatawan yang pertama datang ke Parangkusumo, berkeliling dengan Jeep akan membuat pengunjung serasa di daerah Merapi atau Bromo.

Di atas Jeep, wisatawan akan dibawa berkeliling di sekitar lembah dan bukit pasir; mendapat pengalaman bertualang yang unik dan tak bisa dilupakan.

Ilustrasi

5. Berfoto

Di era digital, anda belum benar-benar ke tempat wisata kalau belum ada fotonya. Di Gumuk Pasir Parangkusumo terdapat banyak spot foto menarik yang bisa menjadi tempat mengabadikan momen-momen seru mengarungi pasir.

Gundukan gumuk, pohon kaktus, hamparan pasir, hingga mobil Jeep bisa menambah kecantikan foto.

Selain itu, ada juga taman bunga berbentuk hati yang menurut banyak orang sangat instagrammable. Tapi, untuk masuk ke taman bunga ada biaya tersendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini