Tips Liburan Murah ke Purwakarta, Bisa Jelajahi Danau hingga Kulineran Sate Maranggi

Firziana Zahra, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 549 2449363 tips-liburan-murah-ke-purwakarta-bisa-jelajahi-danau-hingga-kulineran-sate-maranggi-R7FEK2QGYK.JPG Objek wisata Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat (Foto: Instagram/@dedijuna91)

SEORANG content creator TikTok dengan akun @muhammadezrap kerap membagikan tips dan rekomendasi menarik seputar liburan murah. Kali ini, ia memberikan rekomendasi jalan-jalan murah meriah spesial bagi warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan.

Video yang diunggah Ezra Pratama pada 1 Juli 2021 itu menjelaskan rekomendasi wisata alam dengan nuansa pegunungan bagi mereka warga Jakarta yang bosan ke Puncak, Bogor. Menurut dia, destinasi yang cocok dijajal ialah Purwakata.

Ia menjelaskan, pertama Anda harus naik KRL dari Stasiun Manggarai menuju Cikarang, Kabupaten Bekasi pukul 05.24 WIB dan tiba di Cikarang pukul 06.30 WIB cukup dengan tarif antara Rp4.000-Rp6.000.

Kemudian sambung naik KA Walahar Express dengan relasi Cikarang-Purwakarta dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.35 WIB bertarif Rp4.000 saja. Setelah sampai di Cikarang, Anda pun dapat menjelajahi sejumlah destinasi, di antaranya;

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan tempat favorit para wisatawan dan merupakan sebuah ikon dan kabupaten Purwakarta. Waduk ini merupakan sebuah bendungan dengan panorama danau luar biasa. Tak hanya itu, bendungan ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia.

Baca juga: Lagi Pulang Kampung? Ini Lokasi Wisata Andalan di Purwakarta

Bendungan ini terletak lebih kurang 9 km dari pusat Kota Purwakarta. Kawasan ini memiliki banyak sekali fasilitas rekreasi yang memadai, seperti hotel dan bungalow, bar dan restoran, lapangan tenis, area perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, playground, sarana rekreasi dan olahraga air seperti mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating, dan lainnya. Biaya masuk ke bendungan ini yakni Rp20.000 per orang.

Kuliner Sate Maranggi Plered

Jika Anda mengunjungi Purwakarta, jangan sampai melewatkan kesempatan berkuliner ria di Sate Maranggi Plered. Lokasinya terletak di Jalan Raya Cijantung, Prapatan, Cijantung, Purwakarta.

Sate Maranggi

(Foto: Instagram/@satemaranggihajiyettycibungur)

Sate Maranggi Khas Plered buka 24 jam, tempat ini menjadi favorit warga Purwakarta dan para wisatawan karena rasanya sangat enak, bumbu kacangnya banyak, terlebih jika disantap dengan nasi timbel hangat dibungkus daun.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa merupakan danau alami seluas 7 hektare yang berlokasi di Kecamatan Wanayasa, sekitar 50 menit dari pusat kota Purwakarta. Terletak di ketinggian 600 mdpl membuat objek wisata ini memiliki hawa sejuk menyegarkan.

Wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah dari danau berlatar Gunung Burangrang dan area persawahan hijau yang luasnya sejauh mata memandang. Wisatawan juga dapat menaiki wahana bebek air.

Situ Wanayasa Purwakarta

(Foto: Instagram/@irma_uswatunhasanah)

Selain menawarkan keindahan alam, pengunjung juga dapat berburu foto karena Situ Wanayasa sendiri memiliki banyak spot-spot indah, baik itu di jembatan masuk, ketika naik wahana bebek air, berleha-leha di Pulau Pasir Mantri maupun di rumah makan dengan pemandangan alam yang memesona. Situ Wayanasa ini tidak dipungut biaya masuk, hanya retribusi parkir kendaraan saja.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini