5 Fakta Menarik Danau Tanralili di Kaki Gunung Bawakaraeng, Mirip Ranu Kumbolo

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 408 2450165 5-fakta-menarik-danau-tanralili-di-kaki-gunung-bawangkaraeng-mirip-ranu-kumbolo-oGd6LOqrN4.jpg Danau Tanralili di Manimbahoi, Gowa, Sulawesi Selatan (Instagram @miftaahnf)

DANAU Tanralili di kaki Gunung Bawakaraeng, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyuguhkan panorama eksotis. Hamparan telaga berair jernih dengan gunung hijau berselimut pohon sungguh menawan.

Danau Tanralili terbentuk akibat longsoran gunung sehingga membentuk cekungan yang dalam. Makanya, danau ini juga sering disebut Ranu Kumbolo-nya Sulawesi Selatan.

Baca juga: Sederet Tempat Menakjubkan di Sulsel untuk Habiskan Waktu Libur Panjang

Berikut 5 fakta menarik Danau Tanralili :

Mirip dengan Ranu Kumbolo 

Danau Tanralili dikelilingi pegunungan hijau yang jika dilihat dari ketinggian begitu memukau. Terletak di kaki Gunung Bawakaraeng membuat tempat ini serupa dengan Ranu Kumbolo yang berada di Gunung Semeru.

Gunung Bawakaraeng sendiri memang tersohor akan keindahan alamnya. Daya pikatnya semakin memancar dengan hadirnya danau Tanralili yang terbentuk akibat longsoran dari Gunung Bawakaraeng.

Perjalanannya terjal dan menantang 

Untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan tentunya harus melakukan usaha terlebih dahulu. Begitu juga dengan anda yang ingin melihat keindahan dari danau yang digadang gadang mirip Ranu Kumbolo ini.

Baca juga: Air Terjun Sa'ngara, Primadona Baru bagi Wisatawan Milenial di Sulsel

Trekking di lokasi ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam sesuai dengan kecepatan masing masing pendaki. Perjalanan anda akan dimulai dengan melintasi setapak dari tanah hingga melintasi danau kecil.

Boleh mendirikan tenda 

Beberapa pengunjung bahkan memilih untuk menginap dengan mendirikan tenda selama beberapa hari. Menikmati keindahan alam yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan tentunya akan menghilangkan segala lelah Anda.

Banyak sumber air

Dalam perjalanan menuju Danau Tanralili, Anda akan menemukan banyak sumber air. Sehingga jika Anda pergi saat musim hujan, tanjakan menuju kesana menjadi cukup terjal dengan kondisi jalan yang berbatu dan becek.

Tetapi, setelah melewati tanjakan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Lembah dan bukit hijau akan menyapa penglihatan lengkap dengan aliran air di bawah. Tak jarang akan ada kabut tipis yang membuat tempat ini sangat eksotis.

Ilustrasi

Lokasi dan rute

Danau Tanralili terletak di Desa Manimbahoi, Gowa, Sulawesi Selatan, tepat pada kaki Gunung Bawakaraeng. Untuk menuju spot keren ini, kita perlu menuju Dusun Lengkese terlebih dahulu untuk memulai trekking.

Desa Lengkese terletak sebelum objek wisata Malino, berbelok kiri saat ketemu penunjuk Kecamatan Parigi. Jika Anda kesulitan menemukan lokasi wisata yang satu ini, jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar yang sangat ramah kepada wisatawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini