5 Air Terjun Terindah di Jawa Barat, Wajib Masuk List-to-Go Usai Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 408 2450210 5-air-terjun-terindah-di-jawa-barat-wajib-masuk-list-to-go-usai-pandemi-dfGzAjyrrw.jpg Curug Cikaso di Sukabumi, Jawa Barat (Instagram @nina_wati_nsz)

JAWA BARAT memiliki banyak objek wisata alam yang indah dan mengundang daya tarik pelancong. Salah satunya adalah air terjun atau curug. Sejak PPKM Darurat diberlakukan, wisata tersebut tutup sementara.

Tidak ada salahnya untuk merencanakan perjalanan kembali ke alam jika pandemi usai nantinya. Ya, seperti Anda balas dendam sudah di rumah saja dalam waktu yang panjang.

Ingat, untuk saat ini perjalanan yang tidak darurat ada baiknya ditahan dulu sampai akhirnya semua kondisi terkendali. Ini penting agar wisata Anda tidak berakhir sebagai klaster penyebaran Covid-19.

 Baca juga: Bernuansa Asri, Ini 3 Lokasi Camping Ground Favorit di Jawa Barat

Nah, buat Anda yang rencananya mau menjelajahi Jawa Barat, rekomendasi air terjun terindah berikut ini wajib banget Anda masukan ke 'list-to-go', karena apa yang Anda lihat akan menjadi obat dari kesedihan sepanjang pandemi.

So, air terjun mana saja yang dianggap terbaik di Jawa Barat, berikut laporannya:

1. Curug Cilember

Berdasar survei Google, lokasi ini menjadi lokasi paling banyak disukai warganet, lho. Berlokasi di Jalan Raya Puncak Gadog, Cilember, air terjunnya ada di curug 7 Cilember.

Ilustrasi

Curug Cilembar

Anda jika berencana datang ke sini, maka tak hanya melihat keindahan air terjun tapi juga jika beruntung bisa bertemu monyet ekor panjang. Keindahan hutan tropis di sekeliling air terjun memberi suasana yang tak akan terlupakan.

2. Curug Citambur

Lokasi air terjun indah di Jawa Barat lainnya adalah Curug Citambur. Air terjun di sini diketahui memiliki ketinggian 130 meter, dengan begitu penampakannya sudah pasti indah sekali.

Baca juga: Punya Rencana Liburan ke Subang? Yuk, Kunjungi 3 Wisata Alam Ini

Soal lokasi, Curug Citambur ada di Kabupaten Cianjur bagian selatan. Dekat-dekat curug ini diketahui banyak camp-camp yang bisa dijadikan lokasi kemping bersama sahabat tercinta, lho.

3. Curug Ciherang

Kalau curug yang satu ini lokasinya ada di Simajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, 'Curug Ciherang' yang artinya jernih, air terjun di sini airnya diketahui bersih dan jernih banget, lho.

Memang tak setinggi Curug Citambur, tetapi keindahan alam di sekeliling air terjun memberi suasana yang tak kalah menyenangkan.

4. Curug Cikaso

 

Curug yang satu ini termasuk curug yang populer didatangi sebelum pandemi. Banyak pengejar spot foto bagus rela datangi curug ini untuk dapatkan foto terbaik versi mereka.

Kalau bisa dijelaskan, Curug Cikaso ini memiliki dua pancuran air terjun yang berada berdampingan dan ini menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, air yang jernih dan segar menjadi alasan lain banyak pencinta alam mengunjungi lokasi air terjun yang merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh yang berlokasi di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tersebut.

 Ilustrasi

5. Curug Cikondang

Daftar air terjun lain yang wajib banget Anda sambangi jika pandemi sudah usai adalah Curug Cikondang ini. Air terjun yang melebar ini memberi sensasi lain menikmati air terjun yang biasanya pancurannya kecil.

Lokasi curug ini ada di Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pastikan untuk mengambil gambar di spot yang bagus, ya, supaya hasil fotonya cihuy buat di-upload di Instagram.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini