Sandiaga: Destinasi Wisata dari Aceh Sampai Papua Berlomba Lakukan Vaksinasi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 406 2450870 sandiaga-destinasi-wisata-dari-aceh-sampai-papua-berlomba-lakukan-vaksinasi-9lYYE5vShZ.jpg Foto MPI/Novie Fauziah

PEMERINTAH sedang menggencarkan program vaksinasi COVID-19 sebagai upaya mengatasi pandemi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, banyak destinasi wisata kini ikut dijadikan sentra vaksinasi.

"Kita ketahui dari Aceh sampai Papua destinasi-destinasi wisata dan desa-desa wisata berlomba-lomba melakukan vaksinasi, mengadakan vaksninasi di saat yang bersamaan," katanya di acara Dukungan Kegiatan Serah Terima Donasi Alat Kesehatan dari Trip.com Group, Rabu (4/8/2021).

Baca juga:  Sandiaga Uno Dorong Mahasiswa Jadi Lokomotif Kebangkitan Pariwisata dan Ekraf

Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi di sektor parekraf seluruh nusantara bisa menyasar 34.000 sampai 40.000 orang per hari.

Kemenparekraf menerima donasi 130 unit oksigen konsentrator dari Trip.com Group Tiongkok, untuk diserahkan ke Kementerian Kesehatan lalu didistribusikan ke unit-unit pelayanan kesehatan dalam penanganan COVID-19.

 

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, sebelum Lebaran 2021, kebutuhan oksigen hanya 400 ton per hari. Namun, setelah kasus COVID-19 melonjak, kebutuhannya naik jadi 2.000 ton per hari.

Sementara pabrik-pabrik di Indonesia produksinya hanya 1.700 per hari.

Baca juga:  Sandiaga Uno Beberkan 3 Kunci Atasi Perubahan Besar di Masa Pandemi

Sandiaga mengaku sengaja merangkul semua pihak untuk bersama-sama mengatasi pandemi COVID-19.

"Jadi kami merangkul para pelaku Parekraf. Memang saat ini sedang dalam keadaan berat dan tertekan, tapi kami mencari apa yang bisa kami lakukan. Nantinya akan lebih banyak lagi khususnya untuk alat-alat kesehatan," ujar Sandiaga.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini