Gunung Ilgaz, Surga Para Pencinta Ski dengan Hamparan Salju Memikat

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 408 2450539 gunung-ilgaz-surga-para-pencinta-ski-dengan-hamparan-salju-memikat-J4dfVNTsMh.JPG Hamparan salju di Gunung Ilgaz, Turki utara (Foto: Instagram/@ilgazanadolu2021)

TURKI memiliki segudang destinasi wisata mengagumkan. Salah satunya ialah Gunung Ilgaz. Gunung Ilgaz merupakan salah satu gunung tertinggi di Turki utara yang kerap menarik minat pengunjung dan menjadi tuan rumah bagi pencinta ski di musim dingin. Tempat ini juga sangat ideal bagi mereka yang ingin menghindari panas di musim panas.

Terletak di Provinsi Ankırı di wilayah Anatolia Tengah Turki, Ilgaz adalah salah satu tempat wisata musim dingin utama di Turki. Gunung ini merupakan keindahan yang menakjubkan.

Saat cuaca menghangat, salju perlahan turun ke puncak gunung, dan panorama hijau mengambilalih lanskap. Dengan ketinggian 2.600 meter (8.500 kaki), Ilgaz memiliki bunga-bunga asli yang berwarna-warni, aliran air tawar yang sedingin es, dataran tinggi, dan jalan setapak.

Baca juga: Turki Buka 20 Wisata Pantai untuk Warga Disabilitas, Sediakan Layanan Antar Jemput

Pinus hitam, pohon cemara pinus Scotch dan bunga alpine ditemukan tersebar luas di Gunung Ilgaz. Gunung ini adalah rumah bagi sekitar 30 hewan liar, termasuk beruang, serigala, rusa, rusa roe, dan babi hutan.

Fotografer alam, Cebrail Kele menjelaskan, Ilgaz adalah tempat yang luar biasa dan gunung ini memiliki begitu banyak kualitas yang indah.

“Tidak ada kata untuk menggambarkan keindahan tempat itu. Ilgaz adalah tempat untuk menyendiri dengan alam dan untuk menyejukkan diri, dengan bunga-bunga asli, dataran tinggi, dan keindahan alamnya,” kata Kele melansir laman Daily Sabah.

Area tersebut kata dia, memberikan banyak kepuasan kepada setiap pengunjungnya.

“Anda dapat melihat banyak bunga asli dan jika beruntung spesies hewan asli, dengan syarat Anda tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki Anda. Selain itu ada jamur, namun hati-hati jangan sampai menyentuh jamur tersebut. Ini adalah jenis pariwisata di mana Anda hanya dapat meninggalkan jejak Anda dan membawa serta foto-foto Anda,” terangnya.

“Suhu saat ini 38 derajat Celcius di Kastamonu, tapi kami kedinginan di puncak. Ada angin dingin bertiup. Ini adalah salah satu puncak tertinggi di wilayah Laut Hitam barat Turki. Kita bisa melihat jauh dari sini seperti ketika melihat keluar dari jendela pesawat terbang,” ucapnya menandaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini