Curhat Pengelola Wisata yang Tutup Akibat PPKM: Kami Butuh Solusi

Inin Nastain, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 406 2451427 curhat-pengelola-wisata-yang-tutup-akibat-ppmk-kami-butuh-solusi-Hk4fyHJs6U.jpg Terasering Panyaweuyan di Majalengka, Jawa Barat (MPI/Inin Nastain)

KABUPATEN Majalengka, Jawa Barat termasuk daerah yang menerapkan PPKM Level 3. Salah satu dampaknya adalah objek wisata belum bisa dibuka.

Salah satu pengelola objek wisata di Majalengka, Mulyadi mengatakan, dirinya akan mematuhi aturan tersebut. Namun, diakuinya, kebijakan itu cukup memberatkan para pengelola wisata.

Baca juga: Melihat Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka di Tengah Ketatnya PPKM

“Walaupun aturan harus tetap dipatuhi, tapi tetep menyengsarakan. Majalengka sekarang masuk PPKM level 3, objek wisata masih tutup, belum bisa beroprerasi. Harapanya mah cepat tuntas lah, lenyap Coronanya. Sudah pusing,” kata Mulyadi yang juga salah satu pengelola objek wisata Terasering Panyaweuyan, Argapura, Kamis (5/8/2021).

Sejak pemberlakuan PPKM yang dimulai dengan PPKM Darurat pada awal Juli lalu, dia mengaku cukup memukul para pengelola wisata. Pasalnya, meskipun tidak ada pemasukan lantaran tidak ada kunjungan, tetapi perawatan tetap harus dilakukan.

“Pemberlakuan PPKM yang otomatis aktivitas serba terbatas, objek wisata pada tutup, sedangkan perawatan harus tetap dilaksanakan. Kita butuh solusi, butuh bantuan juga dari pemerintah selama PPKM sejak 3 Juli. Ya cukup terasa memberatkan kehidupan lah, terutama para pelaku usaha,” papar dia.

Baca juga: Goa Jepang Majalengka, Situs Wisata Sejarah yang Memprihatinkan

“Kalau bicara bijak atau tidak (kebijakan penutupan objek wisata), ya membingungkan juga. Kalau menutup objek wisata, ya seharusnya ada jaminan lah untuk pengelolanya. Ya minimalnya ada pangabungah (penggembira) selama kita tutup, walaupun tidak bisa dikatakan ganti rugi. Yang penting ada pangabungahnya, itu aja udah cukup,” lanjut dia. (sal)

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini