Ungkap Sejarah 5.500 Tahun Lalu, Permukiman Kuno Kembali Digali

Firziana Zahra, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 406 2451527 ungkap-sejarah-5-500-tahun-lalu-permukiman-kuno-kembali-digali-ZEOjwSuVlT.jpg Penggalian situs kuno di Yozgat, Turki (Foto Anadolu Agency via Daily Sabah)

PENGGALIAN arkeologi tahunan di situs kuno adır Höyük di Yozgat, Turki kembali dimulai. Penggalian area permukiman berusia 5.500 tahun ini akan menjelaskan sejarah yang kaya di wilayah tersebut.

Gubernur Yozgat Ziya Polat mengatakan bahwa penggalian di adır Höyük, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “Gundukan Tenda,” telah berlangsung sejak 1994, dan telah dimulai sedikit terlambat tahun ini. Polat menekankan nilai sejarah yang signifikan dapat ditemukan di kota.

Baca juga: Patung Wanita Berhijab Usia 1.300 Tahun Ditemukan di Kazakhstan, Siapa Dia?

“Kita perlu menunjukkan kepada orang-orang kita bahwa tempat ini memiliki nilai. Oleh karena itu, pekerjaan penggalian di sini perlu dilakukan sesegera mungkin dan perlu digali,” kata Polat kepada Anadolu Agency.

“Ada sejarah di sini tentang orang-orang yang hidup 5.500 tahun yang lalu. Kami melihat betapa kayanya underground di wilayah ini, tapi yang penting adalah mengungkap kekayaan itu. Saya berharap kami akan mendapatkan nilai ini untuk pariwisata sesegera mungkin.”

Melansir dari Daily Sabah, Jumat (6/8/2021), penggalian dipimpin oleh professor Tevfik Emre Erifoğlu, yang memegang gelar doktor dalam ilmu Assyriology dari University of Cambridge di Inggris.

Baca juga: Pesona Ngarai Valla dan Horma, Wisata Alam yang Tetap Populer Meski Pandemi

Erifoğlu menyatakan bahwa mereka sedang melakukan penggalian dengan dukungan dari University of Leicester di Inggris dan Universitas Koç Turki, di mana dia berada seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Universitas untuk Peradaban Anatolia.

Şerifoğlu mengatakan bahwa penggalian di gundukan itu, yang terletak di desa Peyniryemez di distrik Sorgun Yozgat, dilakukan oleh tim dari Amerika Serikat pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya mulai memimpin penggalian tahun lalu,” kata erifoğlu, menekankan pentingnya gundukan itu untuk Yozgat karena secara historis merupakan pemukiman yang berasal dari periode Chalcolithic dan berlanjut hingga periode Bizantium dan Seljuk.

Ilustrasi

“Kami akan melakukan pekerjaan penggalian dan restorasi di sini. Kami akan merealisasikan beberapa proyek untuk membawa tempat ini menjadi pariwisata. Di wilayah tersebut terdapat Kerkenes, Kuşaklı Höyük (Girdled Mound) dan Pemandian Romawi Sarıkaya. Kami ingin membuat jalur pariwisata yang mencakup semua itu,” ujarnya.

Erifoğlu mencatat bahwa penggalian akan berlangsung selama satu bulan musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini