Pesona Danau Işıklı dengan Bunga Lili Air Warna-warni, Bikin Hati Damai

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 408 2451474 pesona-danau-i-351-305-kl-305-dengan-bunga-lili-air-warna-warni-bikin-hati-damai-gXpKbehIPK.jpg Danau Isikli di Denizli, Turki (Foto Anadolu Agency via Daily Sabah)

DANAU Işıklı, yang merupakan kawasan lindung alami di Distrik Civril, Provinsi Denizli, Turki barat daya, semakin menarik. Banyak traveler pencinta alam terpesona dengan pemandangannya yang unik dan bunga lili air yang membangkitkan perasaan damai.

Meskipun bagi banyak orang dikenal sebagai danau bendungan yang digunakan untuk irigasi dan mengontrol aliran air ke lahan pertanian, namun Isikli sebenarnya adalah danau alami.

Berada di ketinggian 821 meter (2.694 kaki) di area seluas 7.300 hektar (18.000 hektar), air Sungai Büyük Menderes (Meander) mengalir ke danau.

Baca juga:  Pesona Ngarai Valla dan Horma, Wisata Alam yang Tetap Populer Meski Pandemi

Melansir dari Daily Sabah, Kamis (5/8/2021), mereka yang berkunjung selama musim liburan yang meriah bersaing satu sama lain menaiki wisata perahu di danau untuk melihat bunga lili air.

Terletak di lokasi pertemuan hijau dan biru, Danau Işıklı, yang secara harfiah berarti bersinar atau terang, sesuai dengan namanya dan juga merupakan rumah bagi banyak spesies burung dan ikan langka.

Wali Kota Çivril, Niyazi Vural mengatakan bahwa distrik tersebut, yang telah menjadi rumah bagi banyak peradaban, memiliki banyak fitur nilai sejarah dan budaya.

Vural menekankan bahwa mereka akan terus mempromosikan daerah melalui proyek-proyek semacam itu.

“Danau Işıklı adalah nilai penting bagi kami. Kami membawa danau, yang dibuat untuk tujuan irigasi, ke garis depan dalam pariwisata. Bunga lili air di danau menambah keindahan yang berbeda ke tempat ini. Wisatawan lokal dan asing juga mendapatkan kesempatan itu. untuk tur dengan pemandangan unik tempat ini sebagai latar belakang," kata Vural kepada Anadolu Agency.

Atilla Savran, mukhtar dari lingkungan Beydilli, yang berbagi pantai dengan danau, mengatakan bahwa mereka melihat peningkatan besar dalam permintaan selama liburan Qurban Bayram atau Idul Adha.

Baca juga:  6 Destinasi Wisata Keren untuk Traveler Pencinta Alam dan Hewan

Savran, yang bertanggung jawab atas wisata perahu di danau, mengatakan bahwa mereka berusaha menampilkan keindahan danau kepada para tamu sebanyak yang mereka bisa.

“Kami mendekati akhir musim teratai, sekarang. Air mulai surut dengan cepat di danau,” kata Savran, ia menambahkan, “Kami mengalami musim yang indah.”

Savran mencatat bahwa masih ada waktu, meskipun terbatas, untuk menikmati keajaiban alam danau.

“Jika ada yang belum datang dan melihatnya, mereka dapat mengunjunginya dalam 10 hari,” katanya dan mencatat, “Kami memiliki tur danau selama 1 jam. Kita bisa mengatakan bahwa ada 'peternakan teratai' di mana kita pergi. Tamu kami dapat menyaksikan keindahan alam dan burung.”

Dia mengatakan permintaan selama bayram jauh lebih tinggi dari yang diharapkan. “Kami melakukan 450 tur perahu setiap hari. 3.000 orang datang untuk melihat bunga lili air di danau setiap hari. Selama liburan, kami menjamu sekitar 20.000 hingga 25.000 orang di Danau Işıklı.”

 Ilustrasi

Pengunjung turun dari seluruh Turki dan semua jatuh cinta dengan bunga lili air yang memesona sebelum mereka pergi, beberapa lebih dari yang lain. Satu pasangan tertentu menonjol di antara kerumunan pengunjung baru-baru ini. Yasin Tok, seorang petugas pemasyarakatan, berlutut di danau untuk melamar pacarnya.

“Aku sudah merencanakannya sebelumnya. Saya sering melihat bunga lili air di media sosial. Saya juga ingin menyiapkan kejutan seperti itu, ”katanya. “Saya sangat bersemangat.”

Pacarnya, Rukiye Kökçıkaran, mengatakan dia sangat gembira.

“Kami datang untuk tur,” katanya, “Sungguh perasaan yang luar biasa menerima lamaran pernikahan di sini hari ini, dikelilingi oleh bunga-bunga langka ini.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini