Sleman Kaji Kartu Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Perjalanan Wisata

Antara, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 406 2451683 sleman-kaji-kartu-vaksin-covid-19-jadi-syarat-perjalanan-wisata-iQuaRRYmvQ.JPG Ilustrasi (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

BUPATI Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kustini Sri Purnomo mengusulkan solusi agar industri pariwisata tetap bertahan dan wisatawan berlibur dengan aman. Caranya yakni dengan menjadikan kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat perjalanan wisata.

"Sektor industri pariwisata hampir seluruhnya terdampak selama pandemi Covid-19. Apalagi saat pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di mana semua destinasi wisata ditutup sementara," kata Kustini Sri Purnomo.

Menurut Kustini, Pemkab Sleman sedang mengusulkan ke sejumlah pihak agar kartu vaksin Covid-19 dapat menjadi syarat perjalanan wisata.

"Usulan tersebut memerhatikan saran dan masukan dari para pelaku wisata di Bumi Sembada (Sleman)," katanya.

Ia mengatakan lesunya sektor pariwisata akhirnya berdampak pada menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) yang selama ini banyak diperoleh dari kegiatan pariwisata.

Baca juga: Liburan ke Obelix Hills Jogja, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

"Sebelum masuk ke tempat wisata, pengunjung memberitahukan kepada petugas di tempat wisata bahwa mereka membawa kartu vaksin. Ini solusi untuk tempat wisata agar tidak kolaps," katanya.

Infografis Wisata DIY

Kustini mengatakan hal itu tidak hanya bisa diterapkan bagi pengunjung tempat wisata. Namun juga tempat pendukung pariwisata seperti hotel, kafe, restoran dan sebagainya yang sering dicari oleh wisatawan juga bisa menerapkan hal yang sama.

"Yang sudah melaksanakan vaksin, kasih kartu vaksin atau tunjukkan kartu vaksin," sambungnya.

Menurut dia, usulan tersebut merupakan langkah konkret untuk membantu perekonomian industri pariwisata dan sektor sejenisnya di Kabupaten Sleman.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini