Share

8 Fakta Menarik Seputar Penerbangan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 406 2452393 8-fakta-menarik-seputar-penerbangan-yang-jarang-diketahui-apa-saja-uvpeuswdnA.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PESAWAT meluncur melintasi langit jauh lebih cepat daripada berkendara di darat, menentang naluri dasar manusia serta hukum gravitasi.

Pesawat saat masih menjadi transportasi terbaik untuk perjalanan jarak jauh, sehingga selalu jadi pilihan bagi pelancong yang ingin traveling ke berbagai destinasi.

Melansir dari Independent, Minggu (8/8/2021), berikut adalah beberapa fakta menarik yang jarang diketahui mengenai penerbangan.

1. Kedua pilot harus makan makanan yang berbeda

Jika terjadi satu set peralatan makan yang dikemas vakum terkontaminasi, makasebuah kokpit bisa kehilangan kedua pilotnya sekaligus. Karena itu, hampir semua maskapai menganjurkan kopilot untuk tidak memakan makanan yang sama.

baca juga: Kelamaan Ambil Tas, 2 Penumpang Adu Jotos Bikin Heboh Satu Pesawat

Biasanya salah satu akan dapat makanan kelas bisnis, sementara yang lain mungkin harus puas dengan makanan kelas satu.

Ilustrasi

Ilustrasi pesawat

2. Alasan mengapa makanan maskapai rasanya tidak enak

Apa masalahnya dengan makanan di maskapai? Ilmu pengetahuan mungkin memiliki beberapa jawaban, karena perubahan tekanan udara dan kelembaban dapat menumpulkan indera perasa dan penciuman kita, sehingga makanan benar-benar tampak lebih buruk di ketinggian.

Koki berbintang Michelin Gordon Ramsay pernah mengatakan bahwa "tidak mungkin" dia makan di pesawat. “Saya bekerja untuk maskapai penerbangan selama 10 tahun,” katanya kepada Refinery29 pada tahun 2017, “jadi saya tahu di mana makanan ini berada dan ke mana perginya, dan berapa lama sebelum masuk ke pesawat.”

3. Jalur pesawat kebanyakan hanya air

Ada banyak teori aneh yang berkeliaran di berbagai web, dengan beberapa orang yakin bahwa garis kondensasi yang ditinggalkan oleh pesawat mengandung ‘agen biologis yang jahat’. Kami hanya bisa membayangkan kekecewaan mereka karena hampir seluruhnya itu hanyalah uap air.

4. Pesawat dirancang untuk mengatasi sambaran petir

Mengingat Empire State Building disambar petir kira-kira 25 kali setahun, tidak mengherankan bahwa jet logam raksasa harus menanggung beberapa baut saat berlayar di ketinggian 30.000 kaki.

Baca juga: Viral Pramugari Ancam Lempar Penumpang Wanita Berpakaian 'Seksi' dari Pesawat

Pesawat modern dirancang untuk menyebarkan arus listrik melalui badan pesawat dan menyalurkannya keluar melalui ekornya, melewati interior pesawat sepenuhnya.

Kecelakaan besar terakhir terjadi pada tahun 1967, ketika serangan nyasar menyebabkan tangki bahan bakar pesawat yang dirancang dengan buruk meledak.

5. Kebanyakan orang di dunia belum pernah menginjakkan kaki di pesawat

Sudah jelas ketika Anda memikirkannya, tetapi normalisasi perjalanan udara adalah fenomena yang sangat 'kaya'.

Satu studi tahun 2020 menemukan bahwa hanya 11% populasi dunia yang mengudara selama 2018, dan 1% penumpang setia yang elit menyumbang lebih dari setengah emisi karbon penerbangan.

6. Meja baki bisa delapan kali lebih kotor dari toilet

Kami yakin beberapa meja nampan sangat bersih sehingga Anda bisa menghabiskan makan malam Anda, tetapi menurut sebuah penelitian, meja nampan delapan kali lebih kotor daripada tombol flush di toilet pesawat.

7. Pesawat tercepat yang pernah ada sangatlah cepat

Pada tahun 1964, pesawat mata-mata AS Lockheed SR-71 Blackbird mencatatkan kecepatan perjalanan sekitar 2.100 mil per jam, memecahkan rekor dunia untuk pesawat jet yang bertahan hingga hari ini.

Ilustrasi

Itu lebih dari tiga kali kecepatan suara, hampir empat kali kecepatan jelajah pesawat komersial, dan sekitar 75 kali kecepatan tertinggi Usain Bolt.

8. Kamar mandi pesawat yang terkunci sebenarnya tidak benar-benar terkunci

Untuk alasan keamanan yang cukup jelas, terdapat kunci eksternal di sebagian besar toilet maskapai yang dapat dioperasikan oleh pramugari kapan pun mereka membutuhkannya.

Jangan menggunakan toilet pesawat untuk istirahat terlarang atau mencoba bergabung dengan klub, terutama karena itu tidak pengertian dan berbahaya, tetapi juga karena awak kabin benar-benar dapat membuka pintu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini