Fakta-Fakta Menarik Curug Panetean, Wisata Alam Lagi Hits di Tasikmalaya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 408 2452419 fakta-fakta-menarik-curug-panetean-wisata-alam-lagi-hits-di-tasikmalaya-xz75co5vDE.jpg Curug Panetean di Pancatengah, Tasikmalaya (Instagram @_natureseeker)

CURUG Panetean di Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sempat viral di media sosial berkat keindahannya. Air terjun tersebut kemudian jadi salah satu wisata paling hits di Tasikmalaya.

Tasikmalaya memang terkenal sebagai wilayah yang menyimpan segudang potensi pariwisata, bukan hanya kerajinan tangan, tapi juga wisata alam seperti air terjun.

Baca juga: PPKM Sudah Level 2, Ini Alasan Tasikmalaya Belum Buka Pariwisata

Curug Panetean misalnya. Air terjun ini menawarkan panorama yang menakjubkan. Apa saja keunikan Curug Panetean? Berikut ulasannya :

Keindahan Air Terjun yang Mempesona

Curug Panetean memiliki pemandangan indah dengan bebatuan di sekelilingnya serta air yang jernih.

Kondisi alamnya masih sangat asri sehingga tempat ini juga cocok buat melepas penat akibat rutinitas sehari-hari.

Curug Panetean juga sering disebut Curug Leuwi oleh masyarakat sekitar, karena leuwi sendiri memiliki artian dalam bahasa sunda yaitu 'cekungan dasar air'. Curug ini selain memiliki air yang jernih, airnya juga menenangkan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang atau berendam.

Cekungan Air Serasa Kolam Renang Pribadi dengan Spot yang Instagramable!

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, masyarakat menyebut Curug Panetean sebagai Curug Leuwi karena curug ini memiliki cekungan yang melingkar bak kolam sehingga membuat pengunjung bisa leluasa bermain air.

Tidak hanya memiliki satu cekungan saja, wisata Curug Panetean di Tasikmalaya ini memiliki beberapa cekungan yang bisa kamu nikmati sepuasnya. Kalau lagi sepi, berendam di cekungan tersebut serasa berada di jacuzzi atau kolam pribadi.

Baca juga: 3 Air Terjun Indah di Jawa Barat, Sejuknya Mengisi Libur Lebaran

Daya tarik lainnya dari curug tersebut adalah tempatnya yang sangat cocok untuk dijadikan spot hunting foto. Dengan panorama alam yang masih asri dan dikelilingi oleh pepohonan hijau serta gemericiknya air terjun, tentu pemandangan indah ini bisa dimanfaatkan sebagai background foto liburan Anda.

Tak heran jikalau wisata perairan baru ini ramai di media sosial khususnya Instagram karena panorama lokasinya yang sangat Instagramable!

Lokasi dan Akses Menuju Curug

Curug Panetean berada di Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat tepatnya di Pangliaran, Kecamatan Pancatengah. Bagi wisatawan yang akan berkunjung dari pusat Kota Tasikmalaya, waktu tempuh perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Sesampainya di wilayah Pancatengah, pengunjung masih harus berjalan kaki untuk dapat sampai ke Curug Panetean dengan rute yang cukup terjal berupa bebatuan licin.

Perjalanannya memang jauh dan melelahkan. Tapi tenang saja, sesampai di sana lelahmu akan hilang seketika dan terbayarkan dengan panorama curug yang luar biasa indah.

Adapun pengunjung bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci “Curug Panetean” untuk membantu navigasi menuju tempat tersebut.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam operasional dari Curug Panetean ini, wisata air terjun tersebut buka setiap hari termasuk hari libur mulai pukul 8 hingga pukul 15.

Ilustrasi

Namun terdapat rekomendasi waktu yang tepat untuk bisa menikmati wisata bahari tersebut secara maksimal, yaitu sebaiknya anda yang ingin berkunjung datang di pagi hari ataupun saat menjelang sore hari untuk mendapatkan udara sejuk yang maksimal.

Adapun untuk saat ini, pengunjung bisa secara cuma-cuma alias gratis untuk menikmati curug tersebut sepuasnya!. Namun begitu tidak menutup kemungkinan kelak akan diberlakukan harga tiket masuk ketika objek wisata tersebut sudah dikelola oleh pemerintah setempat.

Karena gratis dan belum dikelola secara resmi, tentu menjadi kewajiban anda dan setiap wisatawan yang akan berkunjung untuk menjaga kelestarian dari wisata bahari tersebut. Jangan sampai wisata bahari indah tersebut tercemar sehingga mengurangi estetikanya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini