Sabana Terbakar, Polisi Pastikan Satwa dan Fasilitas Wisata Pulau Komodo Aman

Antara, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 406 2452831 sabana-terbakar-polisi-pastikan-satwa-dan-fasilitas-wisata-pulau-komodo-aman-oqlAFAtaDG.JPG Savana Pulau Komodo di Manggarai Barat, NTT (Foto: Instagram/@salamransel)

POLRES Manggarai Barat memastikan seluruh fasilitas wisata di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara TImur (NTT) aman saat terjadi kebakaran di sebelah barat Pulau Komodo, Sabtu, 7 Agustus 2021 lalu.

"Kami memastikan tidak ditemukan titik api di lokasi ini. Seluruh fasilitas dan hewan di sini pun dalam kondisi aman," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo.

Bambang menerangkan, pemantauan di Pulau Komodo dilakukan bersama Kompi 4 Brimob Labuan Bajo, Lanal Labuan Bajo, Kodim 1612/Manggarai dan jajaran Pemda Manggarai Barat pada Sabtu malam sekitar pukul 23.07 Wita.

Dalam pantauan tersebut, tim gabungan melakukan pemeriksaan dan patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Sandiaga Uno: Pengembangan Wisata Labuan Bajo Sesuai Prinsip Berkelanjutan

Polisi Cek Lokasi Kebakaran Pulau Komodo

(Foto: Antara)

"Kami melakukan pemeriksaan serta patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo, baik di wilayah selatan maupun timur. Kami tidak menemukan titik api di sekitar daerah itu," bebernya.

Sebelumnya, kebakaran sabana terjadi tepatnya di Laju Pemali, bagian barat Pulau Komodo pada pukul 15.00 Wita.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang, luas lahan yang terbakar sekitar 10 hektare. Namun, penyebab kebakaran hingga kini masih diselidiki.

Api berhasil dipadamkan pada Minggu pagi sekira pukul 05.00 Wita. Pemadaman dilakukan oleh 41 personel Balai Taman Nasional Komodo.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini