Wow! Jalan Raya Tertinggi di Dunia Rampung Dibangun, Berani Melintas?

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 406 2452960 wow-jalan-raya-tertinggi-di-dunia-rampung-dibangun-berani-melintas-ZLhvJjENge.JPG Khardung La Pass, jalan tertinggi di dunia berlokasi di India (Foto: Instagram/@jnsmrt)

BADAN Pengurus Jalan Perbatasan India (BRO) merampungkan pembangunan jalan raya tertinggi di negara itu bahkan dunia. Jalannan itu memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Bolivia. Dibangun pada ketinggian 19.300 kaki, jalan ini melewati Umlingla Pass di Ladakh Timur.

Jalan sepanjang 52 km tersebut merupakan jalan beratap hitam yang akan menghubungkan beberapa kota penting di sektor Chumar di Ladakh Timur.

Dilansir Okezone dari Times of India, jalan ini telah dibangun jauh di atas ketinggian Gletser Siachen, yang berdiri di 17.700 kaki, dan Khardung La Pass di Leh, yang berada pada ketinggian 17.582 kaki.

Dengan ini, India telah memecahkan rekor jalan Bolivia yang dibangun pada ketinggian 18.953 kaki.

Baca juga: Lima Destinasi Wisata Terbaik di India, Mulai dari Kuil Emas hingga Pantai Eksotis

Jalan Tertinggi di Dunia

(Foto: Instagram/@backpacker_roadaviator)

Mengacu pada ini, Kementerian Pertahanan India menyatakan bahwa itu akan menjadi keuntungan bagi penduduk setempat karena akan menawarkan mereka rute langsung alternatif yang menghubungkan Chisumle dan Demchok dari Leh.

“Jalan ini akan mempromosikan pariwisata di Ladakh, dan juga membantu meningkatkan kondisi sosial ekonomi di wilayah tersebut,” kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Memuji BRO, pihak kementerian menambahkan bahwa BRO telah mencapai prestasi karena ketabahan dan ketangguhan personelnya yang bekerja di medan berbahaya dan kondisi cuaca ekstrem.

Ketinggian jalan ini bahkan disebut-sebut lebih tinggi dari base camp Gunung Everest, sebagai Base Camp Utara di Tibet berdiri di ketinggian 16.900 kaki, sedangkan Base Camp Selatan di Nepal duduk di ketinggian 17.598 kaki.

Kabarnya, proyek tersebut sudah berlangsung sejak 2017, dan kini setelah dilakukan blacktopping, menandai rampungnya proyek tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini