Deretan Tempat Ritual Malam 1 Suro, Selalu Hadirkan Suasana Magis

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 408 2453195 deretan-tempat-ritual-malam-1-suro-selalu-hadirkan-suasana-magis-Rrpj04WQ15.JPG Gunung Kawi, salah satu destinasi tempat ritual malam 1 Suro (Foto: Instagram/@lembahindah)

INDONESIA memiliki banyak destinasi wisata menarik, dan kerap dijadikan tempat untuk melakukan ritual sakral. Misalnya malam 1 Suro, di masa masyarakat setempat akan melakukan beberapa ritual yang telah jadi tradisi setiap tahunnya.

Kebanyakan, tempat-tempat wisata yang akan dilakukan ritual malam 1 Suro adalah destinasi wisata bersejarah, memiliki banyak legenda serta mitos.

MNC Portal Indonesia melansir dari beberapa sumber, berikut ini tempat wisata yang kerap dijadikan ritual pada malam 1 Suro.

Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Berlokasi jalan Rotowijayan Blok Nomor 1, Panembahan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta Hadiningrat menjadi destinasi wisata yang dijadikan tempat ritual pada malam 1 Suro. Biasanya mereka akan melakukan Jamasan atau pembersihan diri.

Keraton Yogyakarta

(Foto: Tepas Tandha Yekti)

Selain itu di wilayah Keraton ini juga dilakukan ritual Topo Bisu Mubeng Beteng. Yakni suatu kepercayaan, mereka akan berjalan mengitari benteng Keraton tanpa menimbulkan suara sedikitpun.

Baca juga: Tradisi Kirab Pusaka 1 Suro Pura Mangkunegaran Tahun Ini Ditiadakan

Tradisi ini dilakukan sebagai suatu evaluasi diri yang diperbuat selama satu tahun. Biasanya Topo Bisu Mubeng Beteng ini dilakukan tengah malam atau bertepatan pada pukul 24.000 WIB.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Selanjutnya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat berlokasi di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Keraton ini juga menjadi lokasi ritual saat malam 1 Suro tiba. Salah satu ritual yang terkenal di tempat ini adalah Kirab Kebo Bule.

Kraton Surakarta

(Foto: Tim Komunikasi KKSH)

Pada tradisi ini, nantinya masyarakat akan ikut mengarak kerbau dan berusaha menyentuh hewan ternak tersebut. Hal ini diyakini akan mendapatkan keberkahan setelah menyentuhnya.

Pantai Parangtritis

Pantai yang dikenal dengan legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul ini juga dijadikan tempat ritual untuk menyambut malam 1 Suro.

Pantai Parangtritis

(Foto: Instagram/@yusufkur20_)

Banyak dari masyarakat yang melakukan ritual Jamasan atau lebih dikenal dengan cuci keris atau benda pusakan lainnya diikuti dengan tradisi melarung persembahan.

Gunung Kawi

Gunung Kawi adalah sebuah gunung berapi yang sudah lama tidak aktif, berada sebelah barat daya di Kabupaten Malang, berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Kawasan wisata ini kerap dikaitkan dengan pesugihan, yang konon untuk mencari kesenangan duniawi. Akan tetapi Gunung Kawi juga menjadi salah satu spot utama untuk mengadakan ritual malam 1 Suro.

Gunung Kawi

(Foto: Instagram/@novianadi_17)

Gunung Kawi memiliki dua tempat utaman yang memiliki nilai magis tinggi yakni Pesarean Imam Soedjono dan Pesarean Kyai Zakaria. Dua tempat ini dianggap sebagai tempat keramat. Setiap 1 Suro pesarean ini kerap didatangi masayarakat untuk memanjatkan puji syukur kepada Allah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini