Sandiaga Uno Sebut 4.771 Pelaku Industri Parekraf Tersertifikasi CHSE

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 406 2453352 sandiaga-uno-sebut-4-771-pelaku-industri-parekraf-tersertifikasi-chse-1Q0PDM6nGQ.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, jumlah pendaftar sertifikasi Cleanlinees, Health, Safety, dan Enviromental Sustainability (CHSE) saat ini mencapai 4.771 pelaku industri.

Sandiaga menjelaskan, bahwa target yang sedang diincar adalah 8.000 pelaku industri yang mendaftar CHSE. Akan tetapi, lanjutnya, pihaknya ingin menggandeng pihak swasta dan pentahelix agar targetnya lebih banyak lagi.

Ia berharap, CHSE dapat diterapkan secara totalitas, sehingga ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selesai maka akan kembali normal dan aktivitas berjalan seperti sediakala.

Selain itu, sosialisasi terkait dengan CHSE akan terus dilakukan oleh Kemenparekraf. Sehingga nantinya tingkat kesiapan pelaku usaha parekraf dalam operasionalnya di era adaptasi kebiasaan baru semakin besar.

"Sertifikasi CHSE ini harus betul-betul jadi gold standard dalam pelaksanaan pelayanan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya saat Weekly Press Briefing secara virtual Senin kemarin.

Infografis CHSE Borobudur

Baca juga: Ini Keuntungan Objek Wisata Bersertifikat CHSE

"Karenanya kami mendorong agar pelaku usaha parekraf untuk dapat mendaftarkan usahanya, dan bagi konsumen untuk dapat memilih destinasi atau sentra ekonomi kreatif serta usaha lainnya yang sudah memiliki sertifikasi CHSE," tambah Sandi.

Menurut dia, hingga saat ini antusiasme industri untuk mendaftarkan usahanya juga terus meningkat.

Hal tersebut menunjukkan, bahwa semua pihak sadar, serta penekanan pada aspek CHSE benar-benar menjadi hal yang harus diperhatikan di era adaptasi kebiasaan baru.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini