Share

Keren, Desa Wisata Mangrove di Bulukumba Ini Mampu Tangkal Abrasi

Antara, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 406 2453410 keren-desa-wisata-mangrove-di-bulukumba-ini-mampu-tangkal-abrasi-mv2kDeCQbS.JPG Desa Wisata Mangrove Luppung di Bulukumba, Sulsel (Foto: Antara/Suriani Mappong)

KEBERADAAN Desa Wisata Mangrove Luppung di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan tak hanya menjanjikan dari segi ekonomi, namun juga ternyata mampu menangkal abrasi pantai yang sebelumnya pernah terjadi.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kawasan Mangrove Manyampa, Arman Jaya.

Menurut Arman, keberadaan hutan mangrove ini sebenarnya sudah ada pada tahun 1990, namun baru dikembangkan menjadi desa wisata pada 2015 lalu.

Selanjutnya diresmikan pada 31 Desember 2019 oleh Bupati Bulukumba yang saat itu dijabat Andi Sukri Sappewali.

Arman mengatakan, peranan Kades Manyampa sangat penting dalam menggagas dan merangkul masyarakat mengembangkan Desa Wisata Mangrove Luppung.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kampung Takpala, Warisan Budaya Leluhur di Alor

Meski saat peresmian memberikan dampak yang luar biasa, namun saat terjadi pandemi Covid-19 desa wisata ini pun ikut terdampak.

Kendati demikian, lanjut dia, kondisi itu tidak mematahkan semangat warga dan pemerintah desa untuk memulai membangun lokasi treking yang diawali dengan pembabatan sebagian mangrove yang medannya cukup berat.

"Keberadaan lokasi wisata mangrove ini yang paling dirasakan manfaatnya bagi warga setempat adalah kawasan mangrove ini dapat menangkal ombak yang dapat memicu abrasi," ucap Arman.

Sebab, pada saat sebelum pengembangan desa wisata mangrove itu, rumah warga lebih jauh di luar pantai, namun karena adanya abrasi sehingga rumah warga terpaksa dipindahkan ke pinggir yang lebih jauh lagi dari bibir pantai.

"Inilah dampak langsung yang dirasakan warga di lokasi ini, kalau dampak ekonomi langsung itu belum seberapa, namun terus dikembangkan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini