Lukisan Berusia 65.000 Tahun Ditemukan, Bukti Neanderthal Seniman Pertama di Dunia?

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 406 2453842 lukisan-berusia-65-000-tahun-ditemukan-bukti-neanderthal-seniman-pertama-di-dunia-Ig9rNqc9Zb.jpg Gua Ardales di dekat Malaga, Spanyol (Reuters/Nazca)

MANUSIA purba Neanderthal mungkin lebih dekat dengan spesies manusia modern prasejarah daripada yang diyakini sebelumnya. Hal ini diketahui setelah lukisan gua yang ditemukan di Spanyol membuktikan bahwa mereka memiliki kegemaran menciptakan seni.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences (PNAS), Pigmen oker merah yang ditemukan pada stalagmit di Gua Ardales, dekat Malaga di Spanyol selatan, diciptakan oleh Neanderthal sekitar 65.000 tahun yang lalu, menjadikannya mungkin seniman pertama di bumi.

Baca juga: Manusia Purba Jenis Baru Ditemukan, Diperkirakan Hidup 120.000 Tahun Lalu

Melansir dari Reuters, Selasa (10/8/2021), manusia modern tidak menghuni dunia pada saat gambar gua dibuat.

Temuan baru menambah bukti yang semakin banyak bahwa Neanderthal, yang garis keturunannya punah sekitar 40.000 tahun yang lalu, bukanlah kerabat Homo sapiens yang tidak canggih seperti yang telah lama digambarkan.

Pigmen dibuat di gua-gua pada waktu yang berbeda hingga 15.000 dan 20.000 tahun, studi menemukan, dan menghilangkan saran sebelumnya bahwa mereka adalah hasil dari aliran oksida alami daripada buatan manusia.

Baca juga: Menyusuri Goa Tewet, Keajaiban Nusantara yang Tersembunyi di Tanah Borneo

Joao Zilhao, salah satu penulis studi PNAS, mengatakan teknik penanggalan menunjukkan bahwa oker telah diludahkan oleh Neanderthal ke stalagmit, mungkin sebagai bagian dari ritual.

"Yang penting itu mengubah sikap kita terhadap Neanderthal. Mereka lebih dekat dengan manusia. Penelitian terbaru menunjukkan mereka menyukai objek, mereka kawin dengan manusia dan sekarang kita dapat menunjukkan bahwa mereka melukis gua seperti kita," katanya.

Lukisan dinding yang dibuat oleh manusia modern prasejarah, seperti yang ditemukan di gua Chauvet-Pont d'Arc Prancis, berusia lebih dari 30.000 tahun.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini