Istana Berusia 3.500 Tahun Ditemukan, Tempat Tinggal Raja di Musim Panas

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 406 2453863 istana-berusia-3-500-tahun-ditemukan-tempat-tinggal-raja-di-musim-panas-vwLlE1Qxim.jpg Situs arkeologi di Kusakli, Sivas, Turki (Foto IHA via Daily Sabah)

TURKI segera meluncurkan penelitian di situs arkeologi Kuşaklı, Sarissa kuno, di distrik Altınyayla, Provinsi Sivas tengah. Situs itu akan diperkenalkan sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah yang berpotensi menarik banyak wisatawan berkunjung.

Situs tersebut dulunya digunakan sebagai istana atau tempat tinggal musim panas raja-raja Het sekitar 3.500 tahun yang lalu.

Baca juga: Pesona Danau Işıklı dengan Bunga Lili Air Warna-warni, Bikin Hati Damai

Sarissa adalah pemukiman Het yang penting pada 1400-1500 Sebelum Masehi. Kota di mana raja-raja Het berasal dan sebagai tempat tinggal musim panas, adalah kota kelima di Turki yang menampilkan penemuan tablet.

Melansir dari Daily Sabah, Rabu (11/8/2021), penggalian arkeologi dimulai pada tahun 1993 atas nama Direktorat Museum Sivas di situs arkeologi. Mereka melakukannya di bawah profesor pimpinan Andras Müler Karpe dari Universitas Malburg, Jerman.

Selama penggalian bangunan C, salah satu kuil Het terbesar, istana raja dan gerbang kota selatan dan barat laut ditemukan di situs tersebut. Selain itu, sebuah kuil besar, sebuah surat, patung Rhyton banteng kembar dan berbagai tablet ditemukan selama penggalian.

Baca juga: Pesona Ngarai Valla dan Horma, Wisata Alam yang Tetap Populer Meski Pandemi

Situs yang merupakan tujuan penting bagi para penggemar arkeologi, direncanakan untuk menampung pengunjung setelah pekerjaan pertamanan dan penambahan fasilitas sosial.

Menurut pernyataan Gubernur Sivas Salih Ayhan, tender akan segera dilakukan untuk mempromosikan situs tersebut kepada masyarakat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini