Dibangun Sejak 3.000 Tahun Silam, Monumen Ini Masih Kokoh Berdiri

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 406 2453959 dibangun-sejak-3-000-tahun-silam-monumen-ini-masih-kokoh-berdiri-yD7r33R2xO.JPG Monumen kuno era Kerajaan Frigia, Turki berusia 3.000 tahun (Foto: AA)

KEGIATAN penggalian yang dilakukan selama 40 hari di Lembah Frigia bersejarah di distrik Ihsaniye, Provinsi Afyonkarahisar barat, Turki berhasil menemukan sebuah monumen setinggi 10 meter yang menampilkan berbagai tulisan kuno era Kerajaan Frigia.

Ia adalah Monumen Maltas, yang sebenarnya merupakan fasad kuil dengan atap segitiga dan ceruk di bagian bawahnya.

Sementara bagian monumen sepanjang tiga meter terlihat di atas tanah, para ahli berhasil mengungkap monumen yang berasal dari abad ke-7 SM dalam penggaliannya tersebut.

Baca juga: Amerika Akhirnya Sudi Kembalikan 17 Ribu Artefak Kuno Hasil Jarahan di Irak

Gubernur Afyonkarahisar, Gokmen Icek berujar kepada Anadolu Agency (AA) bahwa monumen Maltas adalah salah satu karya terbesar Frigia. Menggambarkan monumen sebagai 'struktur luar biasa'.

"Maltas dibangun 3.000 tahun yang lalu dan masih berdiri utuh hari ini. Hanya sebagian tertentu dari struktur ini yang berada di atas tanah," ujar Gokmen melansir Daily Sabah.

"Ketika kami mencapai bagian bawah tanah selama penggalian, kami menemukan artefak yang sangat besar,” tambahnya.

Belum banyak informasi yang didapat terkait penemuan artefak kuno itu. Hingga kini para arkeolog masih bekerja keras meneliti detail dari temuan mereka guna mengungkap fakta kehidupan zaman Frigia di masa lampau.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini