Share

Istana Maimun Paling Ikonik di Medan Sepi Pengunjung saat Libur Tahun Baru Islam

Antara, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 406 2454370 istana-maimun-paling-ikonik-di-medan-sepi-pengunjung-saat-libur-tahun-baru-islam-bOwAQrQkNo.JPG Istana Maimun di Kota Medan, Sumut (Foto: Instagram/@lusianatrisna)

SUASANA di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara tampak sepi saat libur Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Rabu kemarin.

Sepinya warga berkunjung ke objek wisata memiliki nilai sejarah cukup tinggi itu, bisa saja disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Padahal biasanya, pada hari libur nasional, Istana Maimun kerap ramai dikunjungi warga, wisatawan asing maupun nusantara.

Bahkan, Istana Maimun sebagai tempat bersejarah yang cukup terkenal di Asia maupun di dunia itu, selalu ramai didatangi wisatawan asing, mahasiswa, para pelajar, dan pecinta budaya.

Istana Maimun adalah istana kebesaran Kesultanan Deli dengan warna kuningnya (kuning merupakan warna kerajaan Melayu) dan khas gaya seni bina Melayu di pesisir timur.

Baca juga: Libur Tahun Baru 2021, Istana Maimun Ramai Dikunjungi Wisatawan

Istana Maimun

(Foto: Instagram/@adityamohd)

Istana Maimun dirancang oleh seorang arsitek dari Italia dan disiapkan pada 1888 semasa pemerintahan Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana Maimum memiliki luas 2.772 meter persegi dan mempunyai 30 bilik. Istana Maimun menarik minat wisatawan dari mancanegara, Eropa, Asia dan Nusantara, karena berbentuk kebudayaan Melayu, Islam, Spanyol, India dan Italia.

Istana Maimun masih didiami oleh keluarga sultan. Ruangan pertemuan, foto-foto keluarga Kerajaan Deli, perabot rumah tangga Belanda kuno dan berbagai senjata, terbuka bagi masyarakat yang ingin mengunjunginya. Di istana ini pula terdapat Meriam Puntung yang merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Deli.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini