Gunung Kidul Promosikan Pariwisata Melalui 'Si Dewi Sintal' Selama PPKM

Antara, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 406 2454386 gunung-kidul-promosikan-pariwisata-melalui-si-dewi-sintal-selama-ppkm-02bStq0Dpo.JPG Desa Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul, DIY (Foto: Antara/Sutarmi)

DINAS Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menginisiasi program inovasi Sinergi Desa Wisata Promosi melalui Media Digital atau 'Si Dewi Sintal' dalam rangka mempromosikan dan menyebarkan informasi potensi desa wisata yang ditutup sementara selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul, Asti Wijayanti mengungkapkan, peran media digital saat ini penting diterapkan oleh pengelola desa wisata untuk memudahkan pelayanan.

"Pengelola desa wisata harus mempunyai kecakapan dasar untuk menggunakan berbagai media digital sebelum menerapkannya. Untuk itu Dinas Pariwisata mengajak pelaku desa wisata mensukseskan Program 'Si Dewi Sintal' untuk menggelorakan potensi desa wisata yang berkembang di masyarakat," ternag Asti.

Ia menjelaskan, digitalisasi desa wisata dapat diterapkan pada pemanfaatan media sosial untuk promosi, edukasi, dan informasi, membuat konten menarik berupa poster, foto maupun video.

Selain itu, pelaku desa wisata bisa membuat webinar atau digital tourism di kawasan desa wisata, membuat sistem reservasi daring, dan pendataan wisatawan, pemasaran produk desa wisata secara digital, dan menerapkan transaksi non-tunai.

Baca juga: Rencana Pembukaan Wisata Gunung Kidul Kandas Imbas PPKM Diperpanjang

"Inovasi ini perlu ditingkatkan supaya sektor pariwisata di Gunung Kidul tetap dapat dinikmati wisawatan meski di media sosial, sehingga setelah pariwisata dibuka kembali, sektor pariwisata segera bangkit," tuturnya.

Sementara, Kabid Pemasaran dan Bina Usaha Ekraf Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Yuni Hartini optimistis pandemi akan segera berlalu dan kunjungan wisata di desa wisata akan bergairah kembali.

Promosi dan penyebaran informasi harus tetap dilakukan untuk memperkuat citra desa wisata di Gunung Kidul dan mempersiapkan lonjakan kunjungan pascapandemi.

"Untuk itu Dinas Pariwisata Gunung Kidul menginisiasi program inovatif Si Dewi Sintal untuk peningkatan promosi dan informasi desa wisata di Kabupaten Gunung Kidul," ucap Yuni.

Menurut dia, program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola desa wisata dalam memanfaatkan media sosial, digital, dan website, untuk keperluan promosi dan informasi. Diharapkan desa wisata mempunyai akun media sosial yang kuat dan melakukan kegiatan promosi secara mandiri.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini