Share

Fakta-Fakta Menarik Lembah Zanskar, Permata Tersembunyi di Lereng Himalaya

Firziana Zahra, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 408 2454747 fakta-fakta-menarik-lembah-zanskar-permata-tersembunyi-di-lereng-himalaya-cILecrpM7k.jpg Lembah Zanskar di Ladakh, India (Foto Firstspot)

LEMBAH Zanskar adalah wilayah semi-kering yang terletak di pangkuan sisi utara Pegunungan Himalaya di Ladakh, India. Merasakan duduk dengan nyaman di ketinggian 13.154 kaki adalah pengalaman luar biasa.

Perairan Zanskar yang masih asli, pegunungan yang diselimuti salju di sekitarwilayah tersebut, dan pemandangan alam yang indah menjadidaya tarik utama bagi wisatawan.

Terletak sekitar 105 km dari Leh, kawasan ini merupakan hotspot untuk kegiatan petualangan, termasuk arung jeram, trekking, paralayang, dan lain-lain. Juga, biara-biara berusia berabad-abad memenuhitempat ini, menjadikannya salah satu tempat favorit bagipecinta biara.

Baca juga: Tempat Konflik China dan India, Intip 3 Spot Cantik Berkemah di Himalaya

Melansir dari Times of India, Jumat (13/8/2021), selama musim dingin, suhu bisa turun hingga minus 30 derajat celsius; Oleh karena itu, wisatawan perlu merencanakan kunjungan mereka ke Zanskar selama Juni hingga September, karena lembah ini akan tetap tertutup salju.

Ilustrasi

Himalaya

Tempat untuk Dikunjungi di Zanskar

Sungai, biara, dan pegunungan bersalju membentukpemandangan indah Zanskar. Karena merupakan rumah bagibanyak biara, Anda tidak boleh melewatkan mengunjungiBiara Sani, Biara Lingshed, Biara Stongdey, Biara Phuktaldan banyak lagi.

Kemudian, Anda bisa mengunjungi Pensi La Pass yang memisahkan Lembah Zanskar dengan Lembah Suru. Pensi La Pass, diapit oleh gletser di kedua sisinya, menciptakan pemandangan yang indah, yang dapat dikunjungiselama bulan Mei hingga September.

Hal-hal yang Dapat Dilakukan di Zanskar

Zanskar, terutama dikenal karena Trek Chadar yang unik atauTrek Sungai Beku, dapat diakses selama musim dingin. Selainitu, Zanskar dikenal dengan medannya yang berbahaya bagipecinta petualangan, seperti Trek Padum-Darcha, Trek JejakLugnak, dan Trek Lembah Zanskar-Sham adalah beberapatrek yang dapat dicoba.

Baca juga: Machhapuchhare, Puncak Perawan Himalaya Penuh Misteri

Sungai Zanskar menawarkanpengalaman arung jeram terbaik di Ladakh, sedangkanbersepeda motor adalah aktivitas lain yang memacu adrenalin yang dapat Anda nikmati selama kunjungan Anda ke Wilayah Zanskar.

Bagaimana cara Menuju Lembah Zanskar?

Anda dapat mencapai Zanskar melalui udara, kereta api, dan jalan darat. Jika Anda memilih penerbangan, Anda harus mencapai Bandara Kushok Bakula, yang merupakan bandaraterdekat dengan Leh. Kemudian, menyewa taksi untuk sampaike Lembah Zanskar sesudahnya.

Jika Anda memilih keretaapi, Anda akan setelah mencapai stasiun kereta api Jammu Tawi, naik taksi yang akan membawa Anda ke Leh dan kemudian ke Lembah Zanskar.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Jarak antara Leh dan Lembah Zanskar adalah sekitar 462 km, yang akan memakan waktu sekitar 11 jam jika seseorangmenggunakan NH 1 dan NH 301. Setelah mencapai Leh, seseorang dapat memilih kendaraan sewaan untuk membawaAnda ke Lembah Zanskar melalui Kargil.

Tips untuk mengunjungi Zanskar

Mengingat tingkat kesulitan mencapai Lembah Zanskar, seseorang perlu membuat pengaturan yang tepat terlebihdahulu, dan perhatikan tips berikut untuk perjalanan yang bebas repot.

Anda dapat dengan mudah menemukan pompa bahan bakar di jalan Srinagar - Kargil, tetapi di luar itu Anda tidak akanmenemukannya sampai Padum, jadi bersiaplah sepenuhnya. Pastikan Anda mengisi ulang kendaraan Anda dengan bahanbakar yang dibutuhkan di Kargil dan mengisi ulang setiap kali Anda mendapatkan kesempatan.

Ilustrasi

Hanya ada satu ATM di pasar Padum saat mengunjungiLembah Zanskar. Jadi, Anda perlu membawa uang tunai yang cukup untuk memastikan Anda tidak terjebak di suatu tempatjika mobil Anda mogok, atau Anda ingin mengalami sesuatuyang baru.

Ada rumah sakit pemerintah di Kargil dan Padum, jikadiperlukan.

Setelah Anda melewati Sankoo, ponsel Anda mungkin tidakmemiliki konektivitas sama sekali. Jadi bersiaplah! Mengingat tingkat kesulitan mencapai lembah zaskar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini