Corona Belum Sirna, Festival Danau Sentarum 2021 Terancam Gagal

Antara, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 406 2454984 corona-belum-sirna-festival-danau-sentarum-2021-terancam-gagal-6W3SeZjHmy.JPG Danau Sentarum di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Foto: Instagram/@liliqkurniawan)

FESTIVAL Danau Sentarum di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) yang rencananya akan digelar pada Desember 2021 terancam gagal terselenggara. Hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Sampai saat ini belum ada kepastian, apakah Festival Danau Sentarum bisa diselenggarakan atau tidak, keputusan tergantung pimpinan, karena kendala kita yaitu anggaran dan masa pandemi Covid-19," ungkap Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu Agus Triono.

Menurut Agus, dalam rencana pelaksanaan Festival Danau Sentarum, Dinas Pariwisata Kapuas Hulu sudah menyiapkan rangkaian kegiatan, namun sampai saat ini belum ada kepastian dan keputusan pimpinan.

Baca juga: Kalimantan Selatan Siapkan Kunjungan Wisata 2022, Ada 5 Event Besar

Dinas Pariwisata Kapuas Hulu lanjutnya, sempat menganggarkan kurang lebih Rp300 juta, namun karena ada pemotongan anggaran untuk penanganan Covid-19, akhirnya dana tersebut otomatis sudah berkurang.

"Saya sudah sering ditanya oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Kalbar, terkait proposal, tetapi saya belum bisa memberikan kepastian, karena menunggu keputusan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu," kata Agus.

Festival Danau Sentarum sudah masuk dalam kalender pariwisata nasional kategori kegiatan reguler yaitu Karisma Event Nasional.

"Sebenarnya pihak kementerian dan Pemprov siap membantu kita, tetapi dengan kondisi saat ini kita juga terkendala pandemi Covid-19," terangnya.

Sekadar informasi, Festival Danau Sentarum ialah salah satu upaya Pemkab Kapuas Hulu untuk mempromosikan dan pengembangan pariwisata khususnya yang sudah menjadi agenda tahunan di Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum Kapuas Hulu yang terletak di Kecamatan Barang Lupar daerah Perbatasan Indonesia dan Malaysia, di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini