Ekstrem! Jalanan Ini Punya Ratusan Tikungan Tajam Menjengkelkan

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 406 2455026 ekstrem-jalanan-ini-punya-ratusan-tikungan-tajam-menjengkelkan-vHJDZgoHax.JPG Jalanan ekstrem dengan ratusan tikungan tajam di dataran tinggi Pamir, Xinjiang, China (Foto: Xinhua/Ding Lei)

SEBUAH jalan di dataran tinggi Pamir, wilayah Pegunungan Kunlun, Xinjiang, China dikenal sebagai salah satu jalur paling 'memuakkan' di dunia. Betapa tidak, jalanan ini memiliki lebih dari 600 tikungan tajam yang dijamin bikin mabuk bagi siapapun yang melintasinya.

Tak hanya itu, sekitar 11 persen jalanan ini berupa tanjakan curam yang mana di sisi timur dan sisi baratnya belum teraspal baik.

Jalan berkelok dengan julukan 'jalan langit' itu resmi dibuka pada Juli 2019. Jalan ini awalnya berfungsi sebagai akses bagi para petani dan penggembala pegunungan di kawasan pegunungan itu.

Mengutip laman South China Morning Post, jalan ini menghubungkan Kota Habu Sikalai di Waqia sebelah timur dengan Kotapraja Taxkorghan sebelah barat dengan panjang lebih dari 36 kilometer.

Jalan Ekstrem di China

(Foto: Xinhua/Ding Lei)

Traveler yang hendak mengunjunginya wajib mengajukan permohonan izin untuk datang ke perbatasan ke Tashkurgan di Kashgar.

Selain berliku-liku, jalanan ini juga cukup ekstrem karena berada pada ketinggian 4.269 meter di atas permukaan laut (mdpl) dari Puncak Wuguliyate Daban.

Wisatawan yang berkesempatan mengunjunginya dapat menyaksikan beragam view di sana. Selain pemandangan alam khas Uighur, sejumlah satwa seperti domba liar, berbagai jenis burung hingga tanaman eksotis menjadi suguhan menarik di dataran tinggi Pamir, Xinjiang.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini