Kisah Hamza Al Ghamdi, 'Manusia Ular' Sang Penakluk 500 Kobra

Firziana Zahra, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 406 2455882 kisah-hamza-al-ghamdi-manusia-ular-sang-penakluk-500-kobra-2NAndWSvDF.JPG Al Ghamdi, sang 'manusia ular' di Baha, Arab Saudi (Foto: Arab News)

SELAMA lebih dari 30 tahun, penduduk Baha di bagian barat daya Arab Saudi kerap meminta bantuan jasa penangkap ular kobra lokal yang seringkali ditemui di lingkungan tempat tinggal mereka.

Salah satu nama paling terkenal di sana ialah Hamza Al Ghamdi. Ya, dia adalah sang penakluk ular di Baha yang dikenal piawai meringkus berbagai jenis ular, baik berbisa maupun tidak.

Tak hanya itu, Al Ghamdi bukan sekadar menangkap ular, namun ia berupaya melestarikan keberadaan satwa itu, sekaligus mengubah cara pandang masyarakat lokal yang menganggap semua ular merusak dan membahayakan nyawa manusia.

"Yang benar adalah ular itu pemalu dan lebih suka melarikan diri daripada menghadapi orang," kata Al Ghamdi, melansir laman Arab News.

Baca juga: Menyambangi Goa Istana Ular, Destinasi Wisata Unik NTT Bikin Ngeri

Ia mengatakan, terdapat 45 spesies ular di Baha. Beberapa langka, sementara lainnya dapat ditemukan dengan mudah.

Al Ghamdi

(Foto: Arab News)

“Beberapa ular paling berbisa yang ditemukan adalah Arabian Cobra, ular berbisa yang endemik di jazirah Arab, Puff Adder dan Desert Viper bertanduk, dan ada juga yang berbisa ringan, seperti ular mendesis dan ular kepang,” beber Al Ghamdi.

Al Ghamdi cukup resah dengan ketakutan berlebihan masyarakat terhadap ular. Ia justru mengimbau masyarakat untuk berani melindungi dan melestarikan hewan reptil tersebut.

Hubungannya dengan ular lanjut Al Ghamdi, merupakan hubungan khusus yang sudah lama terjalin, di mana dirinya memiliki komunikasi emosional dengan ular-ular itu.

“Saya digigit beberapa kali saat menangani ular selama 30 tahun dan menangkap lebih dari 500 ular kobra pada waktu itu,” terangnya.

Al Ghamdi

(Foto: Arab News)

Ia berharap dapat membuat banyak orang tertarik melestarikan ular bukan malah memeranginya. Al Ghamdi juga mengimbau agar orang tidak menangani ular sembarangan apalagi sampai membunuhnya secara sia-sia.

"Jika ular menemukan jalan keluar, mereka akan melarikan diri dan meninggalkan Anda sendirian tanpa menyerang,” katanya menandaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini