Pramugari Beberkan Alasan Pentingnya Penumpang Mengaktifkan Mode Pesawat di Ponsel saat Penerbangan

Firziana Zahra, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 406 2455957 pramugari-beberkan-alasan-pentingnya-penumpang-mengaktifkan-mode-pesawat-di-ponsel-saat-penerbangan-RBCyeVTckh.jpg Ilustrasi (Foto Drivespark)

SAAT naik pesawat, awak kabin biasanya akan meminta penumpang menonaktifkan sinyal ponselnya atau mengaktifkan mode pesawat selama penerbangan. Apa tujuannya?

Cierra, seorang pramugari membagikan tips dan rahasia tentang dunia penerbangan. Video terbaruu yang dibagikan kepada 2,8 juta pengikutnya di TikTok, menjelaskan alasan awak kabin meminta penumpang mengaktifkan mode pesawat pada ponsel Anda selama penerbangan.

Baca juga:  Gegara Jendela Pesawat, Penumpang Pria dan Wanita Bertengkar dalam Penerbangan

"Ada sekitar 45.000 penerbangan yang terjadi setiap hari, dengan sekitar 2,9 juta penumpang di dalamnya. Percaya atau tidak, pilot sebenarnya tidak bertanggung jawab untuk terbang," kata Cierra dalam videonya.

"Ya, merekalah yang mengoperasikan pesawat, tetapi dari saat pintu boarding ditutup hingga saat mendarat, pilot mengikuti instruksi khusus yang diberikan kepada mereka oleh sekelompok orang di darat yang disebut kontrol lalu lintas udara,” ujarnya sebagaimana dilansir dari The Sun, Senin (16/8/2021).

 

Tugas pilot, kata dia, pada dasarnya adalah memastikan pesawat lepas landas dan mendarat dengan sukses tanpa menabrak satu sama lain.

Terkadang, frekuensi dapat bertabrakan dan menyebabkan hilangnya sinyal sepenuhnya.

Baca juga:  8 Fakta Menarik Seputar Penerbangan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

"Sekarang bayangkan betapa buruknya bagi seorang pilot yang mengambil arah dari tanah, tiba-tiba kehilangan sinyal dan mulai terbang membabi buta, semua karena frekuensi telepon penumpang yang mencegatnya."

"Singkat cerita, letakkan ponsel Anda di Airplane Mode."

Beberapa orang di TikTok tidak menyadari itu alasannya, dengan satu orang mengatakan: "pramugari harus benar-benar menjelaskan mengapa mereka memberi tahu kami untuk mengaktifkan mode pesawat."

 Ilustrasi

Namun, beberapa ahli mengecam klaimnya, dan mengatakan itu tidak benar.

Satu orang yang mengatakan bahwa mereka adalah teknisi avionik selama 30 tahun mengatakan itu "tidak benar."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini