Viral Ratusan Orang Berlari Rebutan Naik Pesawat Amerika Kabur dari Taliban

Firziana Zahra, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 22:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 406 2456592 viral-ratusan-orang-berlari-rebutan-naik-pesawat-amerika-kabur-dari-taliban-cmL5iUxjgE.JPG Ratusan orang berebut naik pesawat militer AS di Kota Kabul (Foto: Washington Post)

SEBUAH video menunjukkan kekacauan yang terjadi di Bandara Kabul, pasca-pasukan Taliban menguasai Ibu Kota Afghanistan itu.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @washingtonpost, ratusan warga berlari nekat berebut naik pesawat militer Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang hendak lepas landas meninggalkan kota itu.

Mereka menyerbu landasan pacu untuk ikut melarikan diri dari pasukan Taliban. Sebagian orang bahkan nekat menempelkan tubuh mereka di sisi pesawat tanpa menghiraukan deruan mesin yang memekakkan telinga.

Insiden itu kemudian diwarnai tembakan yang dilepaskan militer AS untuk memecah kerumunan. Akibat peristiwa ini seluruh penerbangan komersial di Bandara Kabul terpaksa dibatalkan.

Sebuah agen lokal Afghanistan menunjukkan gambar setidaknya ada satu mayat yang terkapar akibat terjatuh dari sayap pesawat. Belum ada konfirmasi perihal identitas korban.

Baca juga: Tiba di Arab Saudi, Rombongan Pertama Jamaah Umrah Asing Disambut dengan Kurma

“Setidaknya satu jenazah jatuh dari sayap pesawat, setelah terinjak-injak di landasan. Momen yang sangat gelap bagi negara,” tulis koresponden nasional, Joyce Karam dalam cuitannya di Twitter, Senin (16/8/2021).

Sebelumnya, pasukan Taliban resmi menguasai Afghanistan setelah mereka menduduki Istana Kepresidenan di Kota Kabul. Kekacauan di Bandara Kabul

(Foto: Instagram/@washingtonpost)
Istana Kepresidenan telah 'diserahkan' kepada Taliban setelah sebelumnya dikosongkan hanya beberapa jam oleh pejabat pemerintah, termasuk mantan Presiden Ashraf Ghani yang sudah meninggalkan negara itu. Salah satu pejabat Taliban menyatakan bahwa mereka menginginkan pemerintahan yang inklusif di Afghanistan.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini