Sentra Vaksinasi Covid-19 Sebaiknya Diperluas di Destinasi Wisata, Ini Tujuannya

Antara, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 406 2456690 sentra-vaksinasi-covid-19-sebaiknya-diperluas-di-destinasi-wisata-ini-tujuannya-kJeFUdyYzp.JPG Ilustrasi (Foto: PT KAI)

PENGAMAT pariwisata dari Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), Azril Azahari menyarankan agar pemerintah memperluas sentra vaksinasi bersama ke destinasi pariwisata dan desa wisata mengingat alokasi anggaran kesehatan yang sedemikian besar dalam RAPBN 2022.

"Kalau anggarannya begitu besar alangkah baiknya sentra vaksinasi bersama yang bersifat gratis digelar di destinasi pariwisata dan desa wisata," ujar Azril.

Menurut Azril, hal tersebut dapat menarik masyarakat untuk melakukan vaksinasi, menjalankan tes pemeriksaan Covid-19 sekaligus dapat mengunjungi destinasi pariwisata.

"Melalui hal tersebut, orang-orang yang berwisata atau traveling ke destinasi pariwisata dan desa wisata akan merasa sangat aman," terangnya.

Baca juga: Hindari Kerumunan saat HUT Ke-76 RI, Pendakian Gunung Talang Ditutup

Di samping itu, ia menyarankan agar destinasi pariwisata dan desa wisata juga disediakan pos atau fasilitas kesehatan dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat.

Kemudian kegiatan pariwisata dikaitkan juga dengan health tourism, sehingga orang kalau mau sehat tinggal datang ke destinasi pariwisata yang menawarkan kegiatan atau aktivitas yang dapat menjaga dan meningkatkan daya imunitas, jadi mereka berwisata sekaligus juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Sebelumnya pemerintah mengalokasikan anggaran kesehatan dalam rancangan APBN 2022 sebesar Rp255,3 triliun atau 9,4 persen dari total belanja negara yang mencapai Rp2.708,7 triliun.

Fokus pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 mulai dari antisipasi risiko dampak Covid-19 dengan testing, tracing, dan treatment, melanjutkan program vaksinasi Covid-19, serta penguatan sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini