Sandiaga Uno Bacakan Puisi Karya Anak Bangsa di Festival Indonesia Tangguh 2021

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 406 2456940 sandiaga-uno-bacakan-puisi-karya-anak-bangsa-di-festival-indonesia-tangguh-2021-Uf9PC63edd.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: MPI/Siska Permata Sari)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri membacakan puisi karya anak bangsa dalam perhelatan virtual Festival Indonesia Tangguh 2021 bertajuk 'Puisi untuk Negeri'. Puisi itu dibawakan Sandi secara khusus di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 kemerdekaan RI.

Ia membawakan salah satu puisi karya anak bangsa yang tergabung dalam komunitas RKM NTB bernama Rahadian. Puisi itu berjudul 'Merah dan Putihnya Indonesia'.

“Puisi Merah dan Putihnya Indonesia karya Rahadian, komunitas RKM NTB,” ucap Sandi mengawali puisinya dalam acara Festival Indonesia Tangguh 2021, Selasa, 17 Agustus 2021.

Berikut isi lengkap puisi yang dibawakan Sandiaga Uno:

Aku tambatkan merah dan putihnya

Di setiap tiang tinggi

Aku ikatkan di seutas tali

Agar terbentang sampai

Penjuru negeri ini

Aku kibarkan setinggi-tingginya

Di antara awan dan langit biru

Ia yang aku tahu

Dalam merah masa lalu,

Di ujung runcing perjuangan

Ia yang kukenang dari putihnya

Hati untuk masa depan

Ia yang menggema

Dari merah dan putihnya

Melahirkan anak bangsa

Kami lahir dari tanah subur Ibu Pertiwi

Dari rencong Tanah Serambi

Dari badik Tanah Bugis

Dari mandau Tanah Dayak

Dari keris Tanah Jawa

Dari golok Tatar Sunda

Dari tombak dan anak panah Papua

Ini bukan senjata

Melainkan identitas

Kami dan kalian

Merahnya sama

Kami dan kalian

Putihnya sama

Kami dan kalian

Satu

Satu nusa

Satu bangsa

Indonesia.

Sekadar informasi, pembacaan puisi ini merupakan bagian dari acara Festival Indonesia Tangguh 2021 yang digelar secara virtual oleh PT MNC Portal Indonesia (MPI) yaitu Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id, IDXchannel.com, Celebrities.id dan Sportstars.id.

Tak ketinggalan Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD juga membacakan puisi karya KH Mustofa Bisri atau Gus Mus dan Sapardi Djoko Damono.

Selain ada Puisi untuk Negeri, Festival Indonesia Tangguh 2021 ini juga dimeriahkan oleh beragam tarian tradisional oleh Saung Budaya.

Acara juga semakin informatif dengan menyuguhkan tiga webinar menarik. Webinar seri pertama bertajuk 'Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh', webinar sesi kedua 'Penanggulangan Covid-19 di Negara Sahabat', dan webinar ketiga 'Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini