Daftar 10 Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Yuk Mampir Hilangkan Penat

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 408 2457034 daftar-10-tempat-wisata-gratis-di-jakarta-yuk-mampir-hilangkan-penat-GGaxux3lBb.JPG 10 tempat wisata gratis di Jakarta, Kampung Betawi, Setu Babakan (Foto: Instagram/@angelikaang_)

DAFTAR 10 tempat wisata gratis di Jakarta ini bisa masuk daftar kunjungan Anda. Tak dipungkiri, Jakarta merupakan kota metropolitan dengan segudang destinasi wisata.

Mulai wisata sejarah, hiburan hingga spot kuliner banyak ditemukan di kota ini. Tak heran banyak orang berkunjung ke Jakarta hanya untuk menikmati gemerlap kota tersebut.

Meski begitu, tak terbantahkan bila biaya hidup di Jakaera jauh lebih mahal ketimbang kota lainnya di daerah, termasuk sektor pawisata. Namun, sebenarnya banyak pula tempat menarik di Jakarta berbiaya murah meriah bahkan bisa dikunjungi secara gratis.

Penasaran apa saja tempat tersebut? Yuk simak ulasannya sebagaimana telah dirangkum Okezone berikut ini.

Kota Tua

Kota tua yang berada di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat ini merupakan pusat hiburan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi.

Di Kota Tua ini juga Anda bisa menyaksikan aneka pertunjukan dan bangunan bernilai artistik. Aneka kuliner khas Jakarta juga bisa kamu temukan di sini. Anda juga dapat menemukan sisa peninggalan Belanda saat Indonesia masih dijajah. Yang menarik, pengunjung juga dapat belajar sejarah dengan gratis, alias tidak dipungut biaya masuk.

Baca juga: 4 Hotel Murah di Jakarta, Ada Harga Inap di Bawah Rp200 Ribu

Wisata Kota Tua

(10 tempat wisata gratis di Jakarta, Foto: Instagram/@mohd.luthfy)

Monumen Nasional (Monas)

Monas atau Monumen Nasional yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12 memang sudah menjadi ikon Kota Jakarta.

Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Monas. Sejak dimulai pembangunannya pada 17 Agustus 1961 silam sampai akhirnya selesai pada 1975, Monas selalu berbenah dengan berbagai fasilitas lengkap. Saat wisatawan berkunjung pun terasa sangat nyaman.

Sama seperti Kota Tua, kawasan Monas juga sangat asyik jadi tempat bejalan-jalan santai. Anda bisa melakukan banyak hal di sana, menikmati sarana olahraga, sepedaan sambil melihat rusa tutul hingga naik kereta wisata yang semuanya tidak dipungut biaya.

Kawasan Monas

(10 tempat wisata gratis di Jakarta, Foto: Instagram/@monumen.nasional)

Perpustakaan Nasional

Jika sudah puas bersenang-senang di Monas, Anda dapat mengunjungi Perpustakaan Nasional RI. Tempat favorit untuk membaca karena semua jenis buku ada di sini. Terdapat fasilitas internet, loker, toilet, kantin, musala, dan sebagainya. Lokasi perpustakaan ini berada di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat.

Galeri Nasional

Tempat ini menyugukan beragam karya seni, mulai dari mural, patung, hingga instalasi yang Instagramable. Bagi pecinta foto-foto, pameran ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Anda juga bisa mempelajari sejarah di sini mulai dari zaman kolonialisme hingga era 2000-an. Lokasi pameran ini berada di Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Jakarta Pusat .

Perkampungan Betawi Setu Babakan

Bagi Anda yang penasaran dengan suasana khas Betawi, datanglah ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Mulai dari budaya, bangunan, dialek, seni tari, dan musik Betawi, semuanya dapat Anda temukan di sini. Termasuk kuliner khasnya yakni kerak telor dan dodol Betawi.

Bundaran HI

 (10 tempat wisata gratis di Jakarta, Foto: Instagram/@st_aldo)

Bundaran HI

Tempat ini tentu sudah tidak asing bagi warga Jakarta. Di sini Anda bisa berjalan santai atau gowes di libur akhir pekan. Beragam aktivitas menyenangkan lainnya juga bisa dilakukan di antaranya jogging, berfoto ria dengan latar gedung bertingkat khas perkotaan termasuk berwisata kuliner. Deretan gedung pencakar langit tentunya jadi view yang memanjakan mata.

Taman Lapangan Banteng

Selain Bundaran HI dan Monas, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Lapangan Banteng untuk melakukan aktivitas serupa. Suasana di Lapangan Banteng nyaman untuk berolahraga pagi, foto-foto, meresapi kutipan para pahlawan, bermain di playground, hingga menyaksikan air mancur menari.

Taman Kalijodo

Taman Kalijodo menjadi sarana liburan yang murah meriah, cocok banget buat piknik bareng keluarga. Di sini terdapat pusat kuliner, arena BMX track dan skate park, perpustakaan umum RPTRA, dan aneka spot selfie yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Taman Kalijodo berlokasi di Jalan Bidara Raya Nomor 18, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara.

Taman Suropati

(10 tempat wisata gratis di Jakarta, Foto: Instagram/@kezia_haning)

Taman Suropati

Di Jakarta, Anda juga dapat menemukan sebuah taman yang asyik. Ya, taman tersebut ialah Taman Suropati yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Anda bisa merasakan suasana sejuk dan nyaman karena dikelilingi pepohonan rindang dan tanaman hijau. Banyak pula burung merpati yang kian menambah suasana menjadi kian romantis.

Little India (Pasar Baru)

Pergi ke pasar merupakan hal yang menyenangkan. Di Jakarta, ada satu pasar yang menarik yakni Pasar Baru yang biasa juga dijuluki 'Little India'. Disebut Little India karena di sini Anda bisa menemukan pengobatan herbal ala India, toko-toko yang dikelola orang India asli, hingga sentra kuliner khas negeri Bollywood.

Banyak hal bernuansa India yang bisa Anda temukanm mulai perlengkapan ibadah, sekolah Gandhi Memorial School, State Bank of India. toko kain sari, restoran, bahkan minimarket yang khusus menjual bahan dan makanan khas India. Selain itu adapula tempat pengobatan herbal yang menawarkan pengobatan alternatif tanpa operasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini