18 Tempat Wisata di Batam, dari Pantai Eksotis Sampai Hutan Asri

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 408 2457217 18-tempat-wisata-di-batam-dari-pantai-eksotis-sampai-hutan-asri-kfzxRn2ptJ.jpg 18 tempat wisata di Batam (Go2batam)

MENCARI 18 tempat wisata di Batam tak sulit, karena kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki banyak lokasi-lokasi menarik. Secara geografis, Batam berada dekat dengan Singapura. Bahkan jika cuaca cerah pada malam hari, lampu-lampu dari gedung-gedung di Negeri Singa terlihat jelas dari Batam.

Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Galang, Pulau Rempang dan pulau-pulau kecil di Selat Singapura dan Selat Malaka. Jadi tak heran bila Batam punya banyak tempat wisata, mulai dari pantai hingga air terjun.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Kepri Rancang Paket Wisata agar Turis Betah Berlama-lama

Berikut Okezone rangkum 18 tempat wisata di Batam yang populer :

1. Pulau Ranoh

Pulau ini memiliki pasir berwarna putih. Biasanya para turis mengunjungi pantai ini untuk sekadar berkunjung dan memanjakan mata. Di sini terdapat berbagai ikan warna-warni yang berenang di sekitar terumbu karang. Ikan-ikan tersebut sangatlah bersahabat dengan manusia.

Di pulau ini Anda dapat melakukan diving atau snorkeling agar dapat melihat panorama di bawah laut yang semakin memukau.

2. Kebun Raya Batam

Daerah ini kerap kali dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan dari luar negeri pada tiap tahunnya. Kawasan ini merupakan kawasan dengan bentukan konservasi alam.

Objek wisata ini memiliki beberapa taman, seperti maze garden, flower garden atau children garden, yang menjadi ikonik pada destinasi ini.

Ilustrasi

18 Tempat wisata di Batam, termasuk Kebun Raya Batam (Kemen PUPR)

3. Pulau Tunjuk

Wisata yang tepat untuk melihat matahari terbit dari ufuk timur. Pasirnya yang putih, juga lautnya yang bersih menjadikan Anda mampu berlama-lama di pulau ini. Anda juga dapat berkemah di sekitar pantai menggunakan tenda sendiri.

Baca juga: Pulau Belakangpadang Jadi Destinasi Andalan Baru Batam

Anda juga dapat menyalakan api unggun di malam hari agar suasana yang lebih romantis.

4. Pulau Abang

Pulau kecil ini menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat memukau. Di sini terdapat sekitar 1500 an masyarakat lokal yang tinggal di pulau ini.

Suasana yang ada di Pulau Abang sangat cocok untuk bersantai dengan orang-orang terkasih. Anda juga dapat melakukan diving atau snorkeling di pulau indah ini.

5. Pulau Mubut

Belum banyak yang mengetahui pulau indah ini, lokasi ini masih asri juga alami sehingga masih jarang ditemukan sampah yang berserak.

Pulau ini memiliki suasana yang tenang, sejuk juga damai, cocok bagi Anda yang ingin healing dan jauh dari pusat kota.

6. Marina City

Saat mendengar namanya tentu wisata ini sangat unik dan membuat siapapun penasaran dibuatnya. Daya tarik yang dibuat nyaris sering membuat banyak orang tak memiliki nyali untuk berkunjung ke kawasan ini.

Wisata ini memiliki sebutan kota mati karena penduduk setempat meninggalkan kawasan ini. Padahal, dulunya bangunan-bangunan tersebut merupakan sebuah tempat yang sangat tentram. Saat ini, gedung-gedung di Marina City semakin tidak terawat, namun memiliki gaya klasik dan unik.

7. Pancur Telaga Bidadari

Wisata selanjutnya merupakan wisata tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Meski banyak yang belum mengetahui wisata ini, namun tempatnya sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Ilustrasi

8. Kampung Vietnam

Lokasi ini memiliki cerita sejarah, karena dahulu banyak warga Vietnam yang datang ke Indonesia akibat terjadinya perang saudara. Masyarakat mempersilakan para imigran itu untuk tinggal di Indonesia. Hingga kini nama “Kampung Vietnam” tetap dijadikan nama wilayah ini karena anak dan cucunya masih bernaung di Indonesia.

9. Hutan Wisata Mata Kucing

Tempat ini menghadirkan berbagai satwa dari seluruh dunia. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda dapat menambah wawasan dan mengenal berbagai hewan. Selain satwa, kawasan ini juga menghadirkan panorama yang sangat memukau.

10. Alun-alun Engku Putri

Lokasi ini menjadi pusat dari berbagai macam aktivitas. Seperti pasar dadakan, wahana permainan, taman ataupun tempat ibadah. Menikmati suasana sore dengan jajanan di sekitar dan becengkrama dengan sahabat tentunya akan menjadi momen yang sangat menyenangkan.

11. Bukit Piayu Laut

Beralamatkan di Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, bukit ini memiliki panorama laut indah yang dapat dinikmati dari atas bukit. Tak hanya pemandangan laut, namun beragam bukit kecil di sekitar juga menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung.

12. Pantai Café

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki café yang sangat indah juga instagramable. Hidangan yang disediakan juga lezat dan menggoda, Anda dapat memesan dan menyesuaikan dengan lidah Anda sendiri.

13. Masjid Agung Batam

Banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk melihat kemegahan masjid yang ada di Batam ini. Masjidnya penuh dengan arsitek lokal yang sarat akan makna. Bentuk masjidnya sangat instagenik sehingga cocok untuk berfoto ria di sekitar area ini.

14. Pantai Marina

Kawasan ini terkenal dengan memiliki pasir putih yang sangat lembut dan bersih. Tak hanya itu, air sekitar pantai juga cenderung lebih tenang dan sangat jernih.

Anda akan betah berlama-lama di kawasan ini karena pantai ini memiliki angin yang sepoi-sepoi sehingga akan menenangkan para pengunjung.

15. Ocarina Batam Theme Park

Tempat wisata ini memiliki luas hampir 40 hektar. Banyak wahana yang dapat Anda gunakan baik dengan teman maupun keluarga.

Wahan-wahana seru yang disediakan tersebut ialah giant wheel, trampoline, water park atau kiddy land. Tiket masuk untuk memasuki kawasan ini ialah sekitar Rp10.000 saja.

16. Sea Forest Adventure

Wahana yang berbeda dengan kebanyakan wahana air lainnya. Sebuah wahana permainan yang berada langsung di dalam air, beberapa meter dari pantai.

Harga yang ditawakan pun cukup terjangkau seharga Rp35.000 saja. Wisata ini salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi terlebih pada musim liburan atau akhir pekan.

17. Pantai Sekilak

Ada pesona tersendiri ketika mengunjungi pantai ini sehingga banyak pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini beberapa kali. Suasana yang hadir di Pantai Sekilak ini cukup elegan ditambah dengan beberapa penginapan bintang 5 yang hadir di tepi pantai.

18. Pantai Viovio

Berlokasi di Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, pantai ini sangat instagenik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Pantai ini memberikan pemandangan yang indah terutama sekitar tebing pantai. Anda dapat berswafoto ria sembari menikmati keindahan pantainya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini