Pilot Ini Ingin Jadi Wanita Termuda Terbang Sendiri Keliling Dunia

Firziana Zahra, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 406 2458009 pilot-ini-ingin-jadi-wanita-termuda-terbang-sendiri-keliling-dunia-2UU4hahlTs.jpg Zara Rutherford memulai perjalanan keliling dunia (Foto AP via indy100.com)

TEKAD Zara Rutherford (19) untuk menjadi wanita termuda yang pernah terbang keliling dunia sendirian sudah bulat. Ia memulai perjalanannya meninggalkan Belgia pada Rabu 18 Agustus 2021 dan akan melintasi lima benua serta 52 negara.

Menurut situs websitenya, perjalanan itu ditargetkan berakhir awal November 2021.

Jika selesai, maka dia akan menjadi wanita termuda yang mengelilingi dunia sendirian, dan orang termuda yang melakukannya dengan pesawat microlight.

Baca juga: Kisah Wanita Gowes Keliling Dunia, Lintasi 20 Negara hingga Menetap di Pakistan

Melansir dari Indy100, Kamis (19/8/2021), Rutherford berkewarganegaraan Inggris dan Belgia mengikuti jejak orang tuanya sebagai pilot.

Dia belajar di St Swithun Sekolah Winchester Hampshire dan perjalanan solonya adalah proyek gap year sebelum dia kuliah, di mana dia berencana untuk belajar ilmu komputer atau teknik komputer, dengan ambisi jangka panjang menjadi astronot.

Rutherford akan menerbangkan Shark Ultralight, pesawat olahraga ringan tercepat di dunia, untuk memecahkan rekor yang didanai sendiri.

Baca juga: Rahasia Nicholas Saputra Bisa Terus Keliling Dunia Terungkap!

Kursi cadangan telah dilepas untuk menampung tangki bahan bakar tambahan dan untuk menghindari pertanyaan tentang orang lain yang terbang bersamanya.

“Awalnya saya berencana untuk terbang keliling dunia sebagai petualangan selama tahun jeda saya, tidak menyadari bahwa saya akan menjadi wanita termuda yang melakukannya jika saya melakukannya, mencapainya,” katanya kepada kantor berita AP ketika mengumumkan proyek tersebut pada Juli.

“Baru ketika saya mulai meneliti lebih banyak, saya menyadari bahwa saya bisa menjadi wanita Belgia pertama dan wanita termuda yang sendirian mengelilingi dunia. Saya berharap bisa membuat lebih banyak gadis tertarik pada penerbangan.”

Ilustrasi

Rutherford akan menempuh rute dari Belgia melalui Inggris, Islandia, Greenland, Kanada, Amerika Serikat dan Amerika Latin ke Kolombia, kemudian kembali ke utara melalui Alaska ke Rusia, China, Indonesia, India, dan Timur Tengah sebelum berakhir di Belgia.

Pemegang rekor wanita saat ini adalah American Shaesta Waiz, yang berusia 30 tahun saat mengelilinginya pada tahun 2017, sedangkan pemegang rekor pria termuda berusia 18 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini