Share

Agar Wisatawan Nyaman, Seluruh Wahana TMII Segera Disertifikasi CHSE

Antara, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 406 2458365 agar-wisatawan-nyaman-seluruh-wahana-tmii-segera-disertifikasi-chse-BzyO9Oh1D6.jpg Fasilitas cuci tangan di TMII (Antara)

PT TAMAN Wisata Candi Borobudur, Prambanan&Ratu Boko (Persero) melakukan akselerasi sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) untuk seluruh wahana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Hetty Herawati menjelaskan, pelaksanaan akselerasi sertifikasi wahana TMII itu bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) serta PT Sucofindo (Persero) untuk melengkapi daftar unit yang telah tersertifikasi CHSE pada 2020.

Baca juga:  TMII Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Sudah Divaksin COVID-19

Ini merupakan komitmen kepada masyarakat, memastikan agar mereka aman dan nyaman saat berkunjung ke destinasi yang dikelola. "Penerapannya dibutuhkan kesadaran serta kerja sama berbagai pihak terkait," kata Hetty, Kamis.

Hetty menambahkan, program tersebut menurut rencana dilaksanakan pada September hingga November 2021 dengan sasaran 37 unit kerja, yang meliputi restoran, galeri resto, museum dan anjungan daerah.

Peningkatan kualitas layanan, produk maupun fasilitas menjadi komitmen utama yang terus dilakukan di seluruh destinasi wisata yang dikelola TWC.

Direktur Pengembangan Destinasi 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Harwan Ekon Cahyo Wirasto mengatakan, sertifikasi CHSE tersebut merupakan salah satu program pemulihan pariwisata dalam menyongsong era pascapandemi.

Baca juga:  Abaikan Anies, Ribuan Warga Tetap Liburan ke TMII Meski COVID-19 Merajalela

Diharapkan sertifikasi itu juga menciptakan rasa percaya diri bagi pengelola destinasi dan wisatawan untuk melakukan aktivitas wisata di dalam negeri.

"Entitas yang telah tersertifikasi berarti telah terkalibrasi dan dinilai secara terukur sesuai dengan aspek-aspek CHSE. Hal ini menciptakan rasa percaya diri, baik bagi wisatawan juga bagi pengelola destinasi," ujar Harwan.

PT TWC sejak awal pandemi melanda Indonesia telah menerapkan kebijakan pelayanan prima berbasis keselamatan wisatawan melalui penerapan "visitor management" serta implementasi CHSE. Salah satunya dengan menerapkan transaksi "cashless" dan "touchless" pada destinasi kelolaannya.

 Ilustrasi

Di tahun 2020, PT TWC menggandeng PT Sucofindo (Persero) berhasil melaksanakan audit CHSE bagi delapan unit kerja yang terdiri atas empat destinasi, tiga restoran dan hotel dengan predikat memuaskan.

TMII juga telah mendapatkan sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf di beberapa museum, anjungan daerah serta wahana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini