Pertama dalam Sejarah, Perempuan Ikut Festival Balap Unta di Arab Saudi

Salman Mardira, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 406 2458663 pertama-dalam-sejarah-perempuan-ikut-festival-balap-unta-di-arab-saudi-bX1RIoWAJJ.jpg Unta milik Amal Misfer Al-Faran (Arab News)

AMAL Misfer Al-Faran membuat sejarah pada 15 Agustus 2021, ketika ia menjadi pemilik unta wanita pertama di Arab Saudi yang ambil bagian dalam Festival Unta Putra Mahkota yang bergengsi di Kota Taif.

Festival tahunan tersebut merupakan perayaan warisan budaya Arab Saudi yang dimulai sejak 2018. Tahun ini, acara akan menampilkan 532 balapan dengan total hadiah 53 juta Rial Arab Saudi atau sekira Rp204 miliar.

Festival ini telah menjadikan Arab Saudi sebagai tujuan utama untuk balap unta di dunia.

Baca juga: Viral! Unta Masuk ke Salon Kecantikan

Arab Saudi memimpin Federasi Dunia Balap Unta, yang didirikan pada 2019 dan berbasis di Riyadh. Pada tahun yang sama, Festival Unta Putra Mahkota membuat Rekor Dunia Guinness baru ketika 13.377 unta berpartisipasi dalam acara tersebut.

Festival tahun ini dimulai pada 8 Agustus di Taif Camel Square.

Al-Faran memiliki tiga unta yang berlari dalam kategori "Al-Haqayeq" (untuk anak berusia dua tahun) sebagai bagian dari tahap awal festival - Al-Dana, Mutiara, dan Jarrah. Pada satu titik dalam lomba 4 kilometer, Jarrah memimpin lapangan, tetapi akhirnya berada di urutan kedua.

Al-Faran mengatakan bahwa dirinya telah menghabiskan bertahun-tahun mempelajari balap unta dan mempelajari cara terbaik untuk berinvestasi dalam olahraga, yang telah dinikmati keluarganya selama beberapa generasi.

“Perasaan diikutsertakan dalam perlombaan seperti itu sendiri merupakan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga merupakan tanggung jawab besar karena saya merasa mewakili wanita dalam olahraga ini,” katanya seperti dilansir dari Arab News, Jumat (20/8/2021).

“Ini adalah bagian integral dari warisan kami yang kami banggakan.”

Baca juga: Tiba di Arab Saudi, Rombongan Pertama Jamaah Umrah Asing Disambut dengan Kurma

Memilih unta mana yang akan dibeli bisa menjadi proses yang rumit dan panjang, karena ada banyak penjual, jelasnya.

Untuk memilih unta balap, seseorang harus pergi ke salah satu pemilik yang lebih bereputasi baik, dan mencoba menemukan unta yang dibesarkan dari garis keturunan pembalap yang panjang.

Pembeli juga perlu mempertimbangkan kategori mana unta yang mereka inginkan untuk dilombakan — dua divisi utama dalam balap unta adalah unta yang berusia kurang dari lima tahun, dan unta yang berusia lima tahun ke atas.

Selain membeli lebih banyak unta, Al-Faran juga mempertimbangkan untuk terjun ke dunia penangkaran yang berpotensi menguntungkan.

Al-Faran berharap keterlibatannya dalam Festival Unta Putra Mahkota hanyalah awal dari perjalanan panjang. Dia berencana untuk berpartisipasi dalam acara mendatang, dan juga untuk mendorong wanita Saudi lainnya untuk terjun ke bisnis dan menjadi bagian dari aspek penting dari warisan Saudi.

 Ilustrasi

Dia saat ini memiliki beberapa unta, dan mengatakan bahwa suami dan tiga anaknya, yang dia gambarkan sebagai “sistem pendukungnya”, semuanya membantu merawat mereka.

“Anak-anak saya menyadari pentingnya olahraga ini dalam warisan keluarga kami, dan dukungan mereka memicu antusiasme saya dan mendorong saya untuk mencapai lebih banyak,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini