Pura-Pura Sakit demi Konten TikTok, Pendaki Kena Blacklist 5 Tahun di Gunung Sindoro

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 406 2459024 pura-pura-sakit-demi-konten-tiktok-pendaki-kena-blacklist-5-tahun-di-gunung-sindoro-Q1PQGXKeQR.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

SEORANG pendaki asal Kebumen, Iqbal Fauzi Pramata disanksi larangan mendaki Gunung Sindoro selama 5 tahun, karena pura-pura sakit dan minta evakuasi. Tindakannya tersebut dilakukan demi konten video TikTok.

Saat mendaki Gunung Sindoro, Jawa Tengah, pada Selasa 17 Agustus 2021, dia diketahui pura-pura sakit. Ia kemudian dievakuasi oleh ranger yang sedang patroli ke Pos 1 lalu dilanjutkan ke Bascamp Ndoro Arum yang merupakan jalur pendakian Sindoro melalui Banaran.

Baca juga:  Pesona Situs Liyangan, Peradaban Kuno di Lereng Gunung Sindoro

Ketua Bascamp Ndoro Arum Dwi Andika kemudian mengeluarkan putusan melalui surat bernomor 001/SE.B/NA/VIII/2021 perihal sanksi blacklist 5 tahun larangan mendaki Sindoro kepada Iqbal.

Surat tersebut ikut diunggah oleh akun Instagram @indoflashlight disertai foto evakuasi Iqbal. “Hal ini bisa jadi pelajaran buat kita semua. Mendaki bukan hal untuk dimainkan, apalagi penyakit dijadikan olok-olokan sebagai bahan konten,” tulis akun tersebut, Sabtu (21/8/2021).

 Ilustrasi

“Anak ini bukan hanya meresahkan, tetapi menyusahkan petugas yang secara sukarela mau menolong,” sambung caption instagram tersebut.

Baca juga:  Ambil Kayu Panjang Umur, 10 Pendaki Gunung Dempo Kena Blacklist 3 Tahun

Iqbal diblack list karena melakukan lima pelanggaran yang bisa mengancam nyawa pendaki gunung. Perilaku yang tidak sepantasnya terjadi di kawasan Gunung Sindoro, membuatnya menerima surat edaran dari Ndoro Arum.

“Berpura-pura sakit kepada rangers dan meminta dievakuasi demi konten, tidak sopan terhadap pengelola, sesama pendaki serta mengendarai kendaraan ugal-ugalan, melanggar aturan basecamp dengan mendaki via Banaran.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini