Menguak Misteri Gua Pawon, Jejak Manusia Purba hingga Legenda Sangkuriang

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 408 2458910 menguak-misteri-gua-pawon-jejak-manusia-purba-hingga-legenda-sangkuriang-8CWwN6Siml.jpg Gua Pawon di Gunung Masigit, Bandung Barat (Instagram @abahmud_official)

GUA Pawon di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat jadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Selain karena menawarkan pemandangan eksotis dan asri, gua yang berada sekitar 25 Km arah barat Kota Bandung ini juga sarat misteri.

Kawasan Bandung yang juga termasuk Gua Pawon, menurut sejarah dulunya merupakan danau purba yang sangat luas.

Namun, berdasarkan hasil penelitian ahli geologi, jutaan tahun lalu Bandung merupakan lautan yang mengalami proses pergerakan tektonik lempeng bumi dan memunculkan gunung-gunung purba.

Baca juga:   Melongok Jejak Manusia Purba di Gua Pawon Bandung, Ada Dapurnya Dayang Sumbi, Loh!

Kemunculan gunung-gunung purba ini menciptakan sebuah cekungan besar yang akhirnya menghasilkan danau raksasa.

Danau tersebut kemudian dinamakan Danau Sunda Purba, yang digadang-gadang menjadi awal mula peradaban leluhur orang Sunda di Bandung.

 Ilustrasi

Gua Pawon

Hal itu dikarenakan di tempat inilah ditemukan kerangka manusia purba yang diduga sudah berusia 10.000 tahun. Kerangka-kerangka ini masih bisa Anda lihat secara langsung ketika menyambangi Gua Pawon.

Mengingat tempat ini masih dalam proses penelitian para arkeolog, harus tetap dijaga kelestarian dari Gua Pawon ini. Begitupun yang tertera dalam postingan instagram @visitbandung.

“Di sana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang konon adalah nenek moyang orang Sunda (masih diteliti di balai Arkeolog Bandung),” tulis postingan @visitbandung, Sabtu (21/8/2021).

Baca juga: Eksotisnya Sanghyang Heuleut, Wisata Alam Tersembunyi di Bandung Barat

Sejak tahun 2000, para peneliti telah menemukan sedikitnya 7 kerangka manusia purba di dalam Gua Pawon. Kerangka tersebut, diperkirakan usianya sudah ribuan tahun, yang juga menjadi fenomena geologi di Bandung.

 

Warga setempat juga meyakini jika Gua Pawon berhubungan erat dengan legenda Sangkuriang. Sebab, salah satu lorong di dalam gua itu dipercaya merupakan dapur dari Dayang Sumbi, ibu dari Sangkuriang.

Selain kerangka manusia purba, di tempat ini Anda bisa bertemu dengan penghuni lain yaitu kera ekor panjang. Untuk Anda yang berkeinginan, dapat mengunjungi Gua Pawon, dengan biaya masuk 6 ribu rupiah dan biaya parkir sebesar Rp2.000 saja.

Untuk menyambangi lokasi utama Gua Pawon, wisatawan harus melakukan trekking terlebih dahulu. Anda tak perlu khawatir, lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk.

Apalagi selama perjalanan berlangsung, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan asri. Salah satunya lorong-lorong unik yang terbentuk karena proses pelapukan.

 Ilustrasi

Lalu, bila melihat ke arah tebing di sekitarnya, terlihat jelas bentuknya yang menyerupai karang karena proses pembentukan yang sudah lama. Dinding-dinding ini diketahui terbentuk dari gamping atau kapur karena fenomena alam.

Hal tersebut ditandai dari tetesan air yang turun membasahinya. Selain itu, jenis batu-batuan gamping itu sendiri bersifat menyerap dan menampung air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini