6 Situs Wisata Bersejarah di Afghanistan, Ada yang Rusak Akibat Perang

Firziana Zahra, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 408 2458924 6-situs-wisata-bersejarah-di-afghanistan-ada-yang-rusak-akibat-perang-tA7vCll5sp.jpg Herat Citadel di Afghanistan (traveladventures.org)

AFGHANISTAN saat ini sedang dalam sorotan dunia karena kondisi politik dan keamanannya memanas. Setelah Amerika Serikat menarik pasukannya, Taliban kembali menguasai negara tersebut. Kekacauan mewarnai perebutan kekuasaan.

Banyak negara khawatir dengan kondisi Afghanistan sehingga memulangkan warganya. Sementara ribuan warga Afghanistan yang takut dengan kekuasaan Taliban berupaya kabur ke luar negeri.

Baca juga: Viral Ratusan Orang Berlari Rebutan Naik Pesawat Amerika Kabur dari Taliban

Terlepas dari kondisi politik dan keamanan, Afghanistan ternyata punya sederet destinasi wisata, lho. Penasaran apa saja?

Mengutip dari The Times of India, Sabtu (21/8/2021), berikut 6 situs wisata bersejarah di Afghanistan :

1. Menelusuri sejarah

Ketika Taliban mengambil alih Kabul, kedutaan besar ditutup sehingga negara-negara membawa pulang warganya. Di masa depan, banyak yang mungkin berubah di negara ini, seperti yang terjadi selama perubahan rezim yang penuh gejolak tersebut.

Masa depan mungkin mempelajari sejarah yang berbeda, karena sejarah yang kita ketahui tentang negara saat ini mungkin akan memudar. Jadi di sini adalah melihat situs bersejarah Afghanistan.

2. Taman Babur

Tempat peristirahatan terakhir Babur, terletak di Kabul. Taman ini konon dibangun sekitar tahun 1528 Masehi. Taman yang indah ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menelusuri sejarah Afghanistan. Taman memakai tampilan yang berbeda setiap musim, tetapi situs telah berubah selama bertahun-tahun. 

3. Buddha Bamiyan

Meskipun bangunan dihancurkan oleh Taliban pada tahun 2001, signifikansinya tidak dapat diabaikan. Struktur besar Buddha Gautama diukir di sisi tebing pada abad ke-6. Ada banyak gua di sekitar patung Buddha, yang penuh dengan lukisan mural yang indah.

4. Istana Darul Aman

Istana ini dulunya indah namun dirusak oleh perang. Meskipun renovasi dilakukan baru-baru ini, itu dulu memiliki kehadiran yang mengesankan di masa lalu. Dibangun pada tahun 1920-an pada masa pemerintahan Amanullah Khan, dan memiliki total 150 kamar.

Dibangun dengan gaya neoklasik, istana ini adalah salah satu bangunan pertama di sini yang memiliki air mengalir, dan pemanas sentral.

 Ilustrasi

5. Benteng Herat

Benteng bersejarah ini kembali ke masa ketika Alexander Agung tiba di Afghanistan pada 330 SM. Situs ini direnovasi antara tahun 2006 dan 2011. Ini adalah tempat yang menakjubkan untuk berhubungan dengan sejarah dan warisan negara.

6. Minaret of Jam

Situs Warisan Dunia UNESCO, ini terletak di Provinsi Ghor. Seluruhnya terbuat dari batu bata yang dipanggang, dan karya seninya yang rumit sangat indah. Anda akan menemukan pola-pola geometris, ayat-ayat dari Al-Qur'an, antara lain terukir di atasnya. Sayangnya dalam daftar Warisan Dunia dalam Bahaya hari ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini