7 Lokasi Cagar Alam Sepanjang Pantai di Mukomuko Diusulkan Jadi Wisata Unggulan

Antara, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 406 2459708 7-lokasi-cagar-alam-sepanjang-pantai-di-mukomuko-diusulkan-jadi-wisata-unggulan-UXEYhEsKr7.jpeg Danau Nibung di Mukomuko, Bengkulu (Antara)

DINAS Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengusulkan tujuh lokasi cagar alam sepanjang pantai yang terlanjur menjadi tempat rekreasi, sebagai objek wisata unggulan di daerah ini.

"Saat ini petugas sedang mengambil titik koordinat tujuh lokasi pantai dalam cagar alam untuk diusulkan menjadi objek wisata unggulan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, di Mukomuko, Senin (23/8/2021).

 Baca juga: 5 Air Terjun Ini Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan Bengkulu

Pihaknya mengusulkan penurunan status kawasan cagar alam yang terlanjur dimanfaatkan menjadi tempat rekreasi menjadi taman wisata alam (TWA) kepada KLHK.

Ia mengatakan, dari surat pertama yang diajukan ada perbaikan karena pihak kementerian minta total luas lokasi pantai dalam kawasan cagar alam yang diusulkan menjadi objek wisata dimasukkan dalam surat usulan

 

Pihak kementerian, katanya, meminta dalam surat usulan dilampirkan peta titik lokasi pantai dalam cagar alam yang diajukan, misalnya Cagar Alam Air Rami dua di daerah ini ingin mengusahakan beberapa hektare.

 Baca juga: Koordinatnya Ditemukan, 5 Air Terjun Tersembunyi di Bengkulu Siap Jadi Wisata Unggulan

"Titik koordinat di mana diplot di cagar alam, jadi letak lokasi harus jelas, berapa kebutuhan daerah ini, itu yang harus diploting bukan seluruh kawasan cagar alam," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajukan ulang usulan itu. Dinas akan memasang koordinatnya supaya pusat bisa memantau dari satelit tentang lokasi cagar alam yang diajukan.

Selain itu, katanya, tujuan penentuan titik koordinat lokasi pantai dalam kawasan cagar alam yang diusulkan menjadi objek wisata tersebut, supaya tidak terjadi pergeseran lokasinya.

Ia mengatakan rencananya tujuh lokasi pantai dalam kawasan cagar alam mulai dari Air Rami hingga satuan pemukiman 10 Desa Rawa Bangun yang diusulkan menjadi objek wisata di daerah ini.

 Ilustrasi

Pihaknya berencana mengusulkan pemanfaatan setiap lokasi di tujuh pantai dalam cagar alam tersebut masing-masing seluas 20 hektare.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini