Air Terjun Cantik di Pedalaman Sumut Ini Dijuluki Siluman, Kok Bisa?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 408 2459683 air-terjun-cantik-di-pedalaman-sumut-ini-dijuluki-siluman-kok-bisa-t0QbOIs7oE.jpg Air terjun Namu Belanga di Rumah Galuh, Sei Bingai, Langkat, Sumatera Utara (Instagram @travellingsumut)

SUMATERA Utara punya keindahan alam mengagumkan. Salah satunya adalah ialah air terjun Namu Belanga atau disebut juga air terjun siluman. Letaknya di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Mengutip laman Pariwisata Sumut, Senin (23/8/2021), air terjun masih sangat asri. Airnya sangat jernih dan berwarna turquoise yang begitu cantik, saking jernihnya air terjun di sini dijuluki kristal di tengah lebatnya pepohonan di hutan. Arus airnya yang tak terlalu deras dengan permukaan air yang tenang.

Baca juga: Pesona Sibanggor Julu, Desa Unik Berusia Ratusan Tahun di Sumatera Utara

Nah, uniknya berbeda dengan kebanyakan air terjun pada umumnya, air terjun Namu Belanga ini bertipe musiman.

Sebab hanya bisa dinikmati di musim penghujan loh! Nama siluman yang melekat di nama air terjun ini sendiri, konon karena air yang terjun terkadang bisa ada tapi terkadang tiba-tiba bisa juga tidak muncul.

Ilustrasi

Masih begitu alami dan terletak di tengah hutan, tak heran perjalanan cukup panjang memang dibutuhkan untuk menuju lokasi air terjun Namu Belanga.

Baca juga: Air Terjun Jurang Nganten dan Legenda Petaka Dua Sejoli Kawin Lari

Menuju lokasi, para pengunjung bisa menempuh jalur darat dengan mobil atau motor dengan rute berangkat dari Medan menuju Binjai yang membutuhkan waktu 60 menit.

Sesampai di Binjai baru melanjutkan perjalanan ke Desa Rumah Galuh selama kurang lebih dua jam. Begitu sampai di Desa, Anda harus menempuh jalur tracking kurang lebih selama 20 menit untuk sampai ke air terjun ini.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini