Dukung Penggunaan Kartu Vaksin di Tempat Wisata, Sandiaga Ingatkan Prokes Ketat

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 406 2460081 dukung-penggunaan-kartu-vaksin-di-tempat-wisata-sandiaga-ingatkan-prokes-ketat-VnEuJfHkve.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi rencana penggunaan kartu vaksin di berbagai destinasi wisata. Menurutnya, wacana tersebut positif dan Kemenparekraf akan sangat mendukung.

Sandi mengatakan, rencana penggunaan kartu vaksin di berbagai destinasi wisata ataupun sentra ekonomi kreatif ini dapat menjadi solusi agar pelaku parekraf bisa tetap bertahan ditengah pandemi.

Tak hanya itu saja, masyarakat atau wisatawan dapat berlibur dengan nyaman dan aman. Sehingga kartu vaksin ini nantinya bisa menjadi gold standard kita dalam berkegiatan, khususnya di sektor parekraf.

Lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terkait rencana penggunaan kartu vaksin di sektor parekraf. Salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan disiplin.

Baca juga: Kombinasi Vaksinasi COVID-19 dengan Pariwisata di Yogyakarta Jadi Inovasi untuk Akhiri Pandemi

"Saat ini Kemenparekraf tengah memperluas sertifikasi Indonesia Care berbasis CHSE," katanya saat Weekly Press Briefing secara virtual.

Sampai dengan 13 Agustus 2021, kata Sandi, pendaftaran yang masuk sebanyak 5.497 usaha, terdiri dari 829 usaha yang belum terverifikasi dan 4.668 usaha yang sudah diverifikasi.

Dikatakannya, sertifikasi Indonesia Care dapat diterbitkan apabila penilaian pada checklist CHSE memeroleh nilai 85-100.

Sementara itu, dirinya juga akan terus mendorong dan membangkitkan kembali destinasi wisata wisata yang tengah terpuruk imbas pandemi Covid-19.

Kemudian jika nantinya situasi sudah mereda, maka destinasi wisata dan sentra ekraf dapat dibuka secara bertahap.

"Nantinya akan kita lakukan monitoring dan evaluasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini