18 Tempat Wisata di Sentul Paling Ciamik, Bikin Kangen Liburan!

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 408 2460192 18-tempat-wisata-di-sentul-paling-ciamik-bikin-kangen-liburan-ng11YndDMF.JPG 18 tempat wisata di Sentul, Taman Budaya Sentul City (Foto: Instagram/@tamanbudaya_id)

SEBANYAK 18 tempat wisata di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini bisa masuk dalam daftar destinasi liburan Anda. Ya, Sentul dikenal sebagai tempat ideal untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di sana terdapat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, Sentul merupakan pilihan tepat untuk sekadar melepas penat dari berbagai rutinitas pekerjaan. Yuk simak berikut 18 tempat wisata di Sentul sebagaimana telah dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Apakah Anda ingin menikmati suasan yang tenang? Sepertinya wisata ini sangat cocok untuk Anda, karena kawasan ini menyuguhkan hutan pinus yang membuat Anda merasa damai dengan keadaan sekitar. Selain itu, Anda dapat berkemah di kawasan ini dengan teman-teman.

2. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan surga dunia di kawasan Sentul, di sini diselimuti udara sejuk nan segar. Pemandangan di area ini nampaknya masih hijau dan asri. Selain itu, di area ini ditumbuhi dengan flora yang tumbuh subur. Perjalanan menuju lokasi ini memang cukup sulit, namun hal tersebut akan terbayarkan karena pemandangan di sepanjang perjalanan juga mengagumkan.

Baca juga: Dekat dengan Jakarta, Ini 5 Tempat Wisata Hist di Sentul Bogor

3. Epic Outbound

Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang indah juga arena bermain yang menantang adrenaline. Di tempat ini Anda dapat memilih tiga paket wisata yang ditawarkan, yakni outbound, meeting, dan juga glamping. Jarak dari pusat Sentul membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Curug Leuwi Hejo

(18 tempat wisata di Sentul, Foto: Instagram/@willaervina)

4. Garuda Farm Sentul

Lokasi wisata ini berada di Jalan Raya Bojong Koneng dan hanya memerlukan waktu 45 menit dari pusat kota. Garuda Farm Sentul ialah kawasan wisata tematik yang memadukan rekreasi alam, edukasi dan juga permainan. Daya tarik wisata ini ialah pertanian dan peternakan.

5. Curug Hordeng

Dinamakan Curug Hordeng karena curug ini mengalir dari celah bebatuan, dan debit airnya mengalir lebar menyerupai tirai.

Baca juga: Berlibur ala Bali di Sentul, Cuma 1 Jam dari Jakarta

Meski wisata ini harus dilalui dengan jalan setapak, namun panorama di sekelilingnya sangatlah menakjubkan, Anda tidak akan bosan apabila mengunjungi kawasan ini. Di tempat ini pula Anda akan menemukan hutan kopi yang sangat eksotis.

Eco Art Park Sentul City

(18 tempat wisata di Sentul, Foto: Instagram/@indrax)

6. Eco Art Park Sentul City

Kawasan Eco Art Park berada di atas lahan sekitar 3.500 meter persegi. Tempat ini berada di tepi Sungai Cikeas. Di sini Anda dapat menambah ilmu pengetahuan karena edukasi di sini terselip cukup banyak. Taman ini memberikan edukasi mengenai energi.

7. Air Terjun Bidadari Sentul

Kembali ke area Bojong Koneng, air terjun ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Daya tarik air terjun ini ialah terdapat kolam renang anak-anak di bawah air terjunnya, juga terdapat kolam renang dewasa setinggi 1,5 meter.

8. Kampung Agrowisata Sentul

Kawasan ini mengangkat tema 'go green' dan cocok untuk anak-anak usia dini hingga menengah. Wisata ini mengajarkan para pengunjungnya untuk lebih dekat dengan alam.

Terdapat tiga paket utama yang ditawarkan di wisata ini, yakni paket petualang cilik untuk anak-anak, paket petualang pintar dan petualang cerdas untuk anak-anak sekolah dasar.

9. Taman Wisata Alam Fantasia Sentul

Wisata ini terletak di Jalan Siliwangi, dan harga untuk memasuki kawasan ini sangatlah cocok dan ramah di kantong. Wisata ini menawarkan beberapa arena permainan seperti trampolin, papan seluncur, bom-bom car, ayunan dan battery car.

10. Kampoeng Koneng

Jika Anda ingin mengunjungi Negara Jepang, kawasan ini cocok untuk Anda. Pasalnya, Kampoeng Koneng ini menyediakan pedesaan seperti di Jepang. Kampoeng Koneng merupakan pusat wisata kuliner.

Meski tempat ini bertema pedesaan Jepang, namun menu yang disajikan tetaplah makanan Indonesia. Menu makanan yang ada di sini cukup lengkap untuk dinikmati beserta keluarga tercinta.

Baca juga: 6 Wisata Air Terjun Eksotis di Sentul Bogor, Bisa buat Piknik Akhir Pekan

Taman Wisata Alam Fantasia Sentul

(18 tempat wisata di Sentul, Foto: Instagram/@as_arfah)

11. Kampung Wisata Sekolah Sentulfresh Education Farm

Di tempat ini menawarkan pengunjung pada alam bebas. Wisata ini hadir dengan tema edukasi peternakan dan pertanian. Namun selain edukasi, wisata ini juga menyediakan fasilitas berpiknik untuk keluarga. Anda dapat memerah susu sapi, memberi makan burung dan lainnya yang dapat dilakukan di kawasan ini.

12. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Di Gunung Pancar terdapat pemandian air panas yang dapat merileksasikan otot-otot Anda. Bagi Anda yang memang ingin merefresh diri, wisata ini cocok untuk Anda kunjungi di akhir pekan untuk melepas penat akibat hiruk-pikuk kota.

Pemandian Gunung Pancar Sentul

(18 tempat wisata di Sentul, Foto: Instagram/@gunungpancar)

13. Pasar Ah Poong

Pasar ini mengusung pasar terapung seperti pasar yang berada di Banjarmasin, namun konsep yang disajikan agak berbeda.

Pasar Ah Poong ialah objek wisata kuliner yang menghidangkan lebih dari 80 jenis kuliner. Kuliner yang ditawarkan berupa es tradisional, makanan khas nusantara, dan beberapa jamuan modern.

14. Curug Putri Kencana

Sekitar 50 menit dari pusat kota, Anda akan menemukan air terjun dengan kolam alami berwarna hijau tosca. Kolam ini berbentuk undakan dari bebatuan dan memiliki kedalaman 3 meter. Anda dapat menggunakan pelampung jika ingin berenang di area ini.

15. Taman Budaya Sentul City

Berbagai permainan disuguhkan di area ini, yakni kids army, army camp, wisata budaya dan cook and serve. Namun jika untuk keperluan bisnis terdapat pula meeting program, para pengunjung dapat memilih paket berdasarkan durasi waktu yang ditawarkan. Ada half-day, one day dan juga full day.

16. Mandapa Kirana Resort

Siapa yang ingin berkunjung ke Bali? Wisata yang berada di Sentul ini menawarkan keindahan Bali melalui resort yang mereka miliki. Di sini juga terdapat miniatur Pura Lempuyang Luhur Bali yang didirikan di samping kolam renang. Kawasan ini cocok bagi Anda yang sangat menyukai foto-foto, karena banyak spot foto yang menakjubkan.

Mandapa Kirana Resort Sentul

(18 tempat wisata di Sentul, Foto: Instagram/@mandapakirana)

17. Sawah Segar Sentul

Jika Anda memang menyukai makanan yang enak juga berfoto-foto ria, wisata ini cocok bagi Anda, karena sebagian besar yang mengunjungi wisata ini bertujuan untuk mengambil foto yang bagus juga ingin bersantai. Diiringi dengan lagu khas Sunda, Anda akan merasa berada seperti sedang pulang kampung sungguhan.

18. Goa Agung Garunggang

Wisata terakhir yakni Goa Agung Garunggang, wisata ini cocok bagi Anda yang suka berpetualang dan menyaksikan keindahan alam. Untuk sampai pada goa ini terdapat sedikit trekking yang membuat Anda serasa petualang sejati.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini