25 Tempat Wisata di Cianjur yang Menarik Dikunjungi

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 408 2460240 25-tempat-wisata-di-cianjur-yang-menarik-dikunjungi-ezCJnSPUKE.jpg 25 tempat wisata di Cianjur, termasuk Gunung Gede Pangrango (cianjurkab.go.id)

SETIDAKNYA ada 25 tempat wisata di Cianjur yang bisa dijadikan referensi liburan. Asyik dikunjungi bareng orang saat akhir pekan maupun hari libur nasional, jika objek wisata tersebut sudah diizinkan buka lagi.

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat termasuk tujuan wisata favorit warga di Jabodetabek.

Berikut ini Okezone rangkum 25 Tempat Wisata di Cianjur :

1. Wisata Pokland

Wisata ini ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai sosial media. Tempat ini awalnya hanya hutan pinus, namun Pokland akhirnya menjadi tempat wisata karena banyak remaja yang melakukan foto di tempat ini.

Baca juga: Mirisnya Fenomena Kawin Kontrak yang Mencoreng Pariwisata Puncak

Pemerintah meresmikan Pokland sebagai destinasi wisata dan juga menambah fasilitas lain untuk spot foto. Seperti rumah terbalik, payung gantung, rumah pohon dan masih banyak lagi.

2. Curug Luhur

Curug ini masih jarang diketahui oleh para wisatawan, namun sebenarnya curug ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain itu, curug ini memiliki lokasi yang sedikit tersembunyi dari pusat perkotaan. Curug ini cocok bagi Anda yang ingin menghindari diri dari keramaian kota. Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

3. Puncak Rindu Alam

Tempat wisata ini menghadirkan panorama alam yang masih tradisional juga memiliki hamparan perkebunan hijau yang luas. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pegunungan dan juga perbukitan.

4. Alun-alun Suryakencana

Banyak penduduk lokal yang sudah tidak asing dengan kawasan ini. Alun-alun Suryakencana merupakan salah satu wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Alun-alun ini memiliki hamparan bunga cantik edelweiss. Meski bernama alun-alun, namun lokasi nya berada di ketinggian 2.750 mdpl.

5. Curug Cibeureum

Selain Curug Luhur, Cianjur juga memiliki Curug Cibeureum yang menarik dan wajib dikunjungi. Curug ini memiliki 3 air terjun yang sangat cantik untuk dilihat. Air terjun itu dinamakan Curug Cibeureum, Curug Cidendeng, dan Curug Cikundul.

6. Wana Wisata Mandalawangi

Destina wisata ini terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Tempat ini menghadirkan pemandangan alam yang indah juga dekat dengan stasiun, sehingga untuk sampai di tempat ini sangat mudah karena banyak akses menuju ke tempat ini.

Baca juga: Belasan Pedagang Kena COVID-19, Wisata Pantai Cemara Kembali Ditutup

Anda juga dapat menaiki perahu yang telah disediakan untuk dapat melihat pemandangan sekitar.

7. Telaga Biru

Telaga ini merupakan salah satu primadona wisatawan yang berkunjung ke Cianjur. Di tempat ini wisatawan akan menikmati keindahan telaga yang sangat cantik.

Di telaga biru, terdapat beberapa ikan yang senang mendekati para wisatawan. Di telaga ini memiliki air yang tampak kebiruan hingga akhirnya disebut telaga biru.

8. Green Apple Garden

Green Apple Garden ialah kawasan villa yang dibangun di bawah Gunung Kasur. Selain deretan villa, Anda dapat mengunjungi kolam yang berada di tengah-tengah kawasan villa sembari menikmati panorama pegunungan yang sangat asri.

9. Pantai Apra

Pantai Apra ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Selain itu pantai ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati sunset. Banyak pengunjung yang menikmati pantai ini untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat.

10. Curug Ciismun

Curug Ciismun ialah salah satu wisata yang berada dalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Curug yang sangat indah ini masih sangat asri dan banyak ditumbuhi oleh pepohonan. Anda dapat berfoto-foto di kawasan ini karena panoramanya yang sangat cantik.

11. Situs Gunung Padang

Situs ini menghadirkan wisata edukasi karena banyak yang dapat ditemukan di sini dan menambah ilmu pengetahuan.

Situs Gunung Padang memiliki batuan yang berasal dari zaman megalitikum, hal ini tentu saja dapat menambah pengetahuan untuk para pengunjungnya.

12. Curug Cikondang

Salah satu julukan Curug Cikondang ialah Niagara Mini. Hal ini dikarenakan tebingnya yang tinggi juga lebar mirip dengam air terjun paling luas di dunia. Air yang mengalir dari atas tebing ini menyusuri batu-batu besar yang tampak megah dan takjub bagi para wisatawan.

13. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan salah satu gunung favorit yang didaki oleh para pecinta alam. Wisatawan akan menikmati panorama alam yang indah ketika sudah sampai di puncaknya. Gunung Gede juga termasuk ke dalam lingkup Taman Nasional Gede Pangrango.

Berlokasi di 3 tempat berbeda yakni Cianjur, Sukabumi dan juga Bogor.

Ilustrasi

14. The Jhon’s Aquatic Resort

Di tempat ini, Anda dapat menikmati wahana yang menantang adrenalin seperti flying fox, high rope, trampoline, hingga water sport juga tersedia di sini. Namun bagi Anda yang tidak terlalu suka wahana yang menantang, Anda dapat menikmati wahana sepeda air, sand castle atau mandi bola.

15. Kebun Teh Sukanagara

Jika Anda menyukai pemandangan alam yang indah beserta kesejukan didalamnya, maka wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pasalnya kebun teh ini menyajikan perkebunan yang hijau, alami juga sejuk. Anda akan betah untuk berlama-lama di kawasan ini.

16. Situs Megalitikum Gunung Kasur

Gunung Kasur dipercaya sebagai makam kuno pendiri Kerajaan Cianjur di zaman dahulu. Gunung yang memiliki ketinggian 1.080 mdpl ini memiliki situs peninggalan prasejarah. Para ahli memperkirakan bahwa situs ini ada pada era megalitikum.

17. Kebun Raya Cibodas

Sempatkanlah diri Anda untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas, karena termasuk salah satu wisata favorit yang berada di Cianjur. Kawasan ini menghadirkan keindahan alam yang masih terjaga kelestariannya membuat tempat wisata ini cocok didatangi bersama keluarga.

18. Wisata Wachi

Wisata ini dibuka pada tahun 2018. Kawasan ini menarik untuk didatangi sebab memiliki gaya kekinian dan pemandangan alam yang cantik.

Supaya sampai di tempat tujuan, Anda diharuskan naik sampai ke puncak bukit dan menikmati Wisata Wachi.

19. Sungai Cikundul Cianjur

Sungai ini terkenal dengan arum jeramnya yang mengasyikkan. Bagaimana tidak? Di sini Anda akan ditantang oleh derasnya arus sungai juga bebatuan besar yang ada di sepanjang sungai.

Agar dapat menikmati wisata ini, Anda harus mengikuti instruksi dari pemandu arum jeram, selain itu Anda juga harus memakai alat pelindung lengkap saat melakukan arum jeram.

20. Pantai Jayanti

Salah satu pantai yang banyak dikunjungi warga lokal dan turis ialah Pantai Jayanti. Pantai ini terletak di 140 km dari pusat kota.

Para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini akan disuguhkan dengan pemandangan yang elok juga bunyi deburan ombak yang dapat menenangkan pikiran Anda.

21. CMR GH Cianjur

CMR GH atau singkatan dari Cimirung Gunung Hayam ialah wisata yang berada di atas bukit. Anda dapat bersantai di area ini menikmati hamparan perbukitan dan sawah di sekelilingnya. Anda juga dapat menikmati sunset dan sunrise di area ini.

Spot-spot di sini juga tak kalah banyak dengan tempat wisata lainya, ada gardu pandang, sayap gagak, sangkar burung da spot foto lainnya.

22. Curug Citambur

Curug terakhir yang direkomendasikan untuk dikunjungi ialah Curug Citambur. Curug Citambur merupakan salah satu destinasi yang sangat terkenal di kota ini. Biasanya mereka mengunjungi wisata inii dengan keluarga ataupun teman-teman.

23. Istana Presiden Cipanas

Masyarakat dapat mengunjungi Istana Keprisidenan ini dengan mengajukan permohonan kunjungan minimal tiga hari sebelum berkunjung.

Di sana Anda akan dipandu dan berjalan-jalan mengelilingi istana.

24. Little Venice Kota Bunga

Selanjutnya wisata ini mengusung konsep bergaya Venezia, Italia. Bangunan yang dibuat terlihat sangat mirip dengan bangunan yang berada di Eropa.

Para pengunjung da[at menaiki perahu yang disediakan atau pun hanya sekadar berjalan kaki. Tempat ini sangat cocok dijadikan untuk spot foto.

Wahana yang disediakan tak hanya menaiki perahu, namun Anda dapat menaiki banana boat, perahu naga, rubber boat, sepeda air dan masih banyak lagi.

25. Taman Bunga Nusantara

Taman ini memiliki luas sekitar 23 hektar, tempat ini merupakan taman bunga terbesar di Indonesia. Bunga-bunga yang berasal dari luar negeri pun terdapat di taman ini. Miisalnya dari Amerika Selatan, Afrika, dan Australia.

Di sini juga terdapat labirin setinggi dua meter. Anda dapat dapat berkeliling mengitari taman ini karena terdapat berbagai taman lainnya yang dihias dengan berbagai ragam tema.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini