3 Destinasi Wisata Ikonik di Tanah Datar, Kampungnya Lord Adi MasterChef Indonesia 8

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 408 2460514 3-destinasi-wisata-ikonik-di-tanah-datar-kampungnya-lord-adi-masterchef-indonesia-8-a71i1hqqol.jpg Lembah Harau di Tanah Datar, Sumatera Barat (Instagram @visitsumatera_)

ADI MasterChef Indonesia season 8 belakangan ini menjadi trending topik di seluruh sosial media (sosmed), lantaran harus pulang di top 3. Padahal ia semakin menunjukkan keahliannya memasak di setiap episodenya.

Pria yang akrab disapa Lord Adi ini membuat para penggemarnya kecewa karena harus pulang. Lord Adi sendiri datang dari Tanah Datar, Sumatera Barat dan ikut MasterChef Indonesia season 8 untuk membuktikan dan membawa nama harum daerahnya.

Baca juga: Dukung Geopark Danau Singkarak, 9 Geosite di Tanah Datar Diusulkan ke Kementerian ESDM

Tahukah Anda, bahwa Tanah Datar kampung halaman Lord Adi ternyata memiliki pemandangan yang memesona, dan terdapat wisata alam tak kalah menarik dari wilayah Sumatera Barat lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tiga wisata alam di Kabupaten Tanah Datar yang wajib Anda kunjungi setelah pandemi nanti.

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di Lembah Anai, Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Memiliki ketinggian 50 meter. Aliran airnya berasal dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah Patahan Anai.

Baca juga:  Benteng Van Der Capellen di Batusangkar Bakal Jadi Museum

Menariknya lagi, Air Terjun Lembah Anai berada di bagian barat kawasan konservasi Cagar Alam Lembah Anai. Pemandangan di sekitarnya indah, serta air dari aliran sungainya juga sangat jernih dan segar.

Ilustrasi

 Air Terjun Lembah Anai (Foto Okezone)

Air terjun satu ini letaknya persis di tepi jalan raya yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Maka Anda bisa pergi ke tempat ini dari arah dia kota tersebut.

Jika Anda dari kota Padang, akan menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam menggunakan angkutan umum, atau kereta api. Sementara dari kota Bukittinggi dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menunggu akan moda transportasi yang sama.

Istana Basa Pagaruyung

Istano Basa atau juga dikenal dengan nama lain yaitu Istana Pagaruyung merupakan sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Istano Basa jaraknya sekitar 5 kilometer dari pusat kota Batusangkar. Istana ini merupakan objek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat dan memiliki sejarah yang berkaitan dengan daerah tersebut.

 

Istana Basa Pagaruyung dibangun pada abad ke-17 yang dipersembahkan untuk Kediaman keluarga Kerajaan Pagaruyung. Kemudian pada 1804 istana kerajaan ini dibakar oleh kaum paderi yang kala itu memerangi para bangsawan dan kaum adat. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Istana Pagaruyung asli dibangun seluruhnya dengan batang-batang kayu. Namun, bangunan yang terbaru dibangun dengan struktur beton modern. Namun demikian, Istano Basa Pagaruyuang tetap dibangun dengan mempertahankan teknik tradisional dan material kayu yang dihias dengan 60 ukiran yang menjelaskan filosofi dan budaya Minangkabau.

Lembah Harau

Selanjutnya adalah Lembah Harau, yakni sebuah ngarai dekat Kota Payakumbuh di Kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Kawasan ini diapit oleh dia bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Pemandangan di Lembah Harau ini sangat menakjubkan, memsona dan dapat menyegarkan penglihatan Anda. Udaranya masih bersih dan sangat sejuk lho.

 Ilustrasi

Saat ke Lembah Harau Anda tak hanya melihat pemandangan perbukitan saja, tapi ada juga tujuh air terjun di kawasan ini yaitu Air Terjun Aka Barayun, Sarasah Donat, Sarasah Boenta, Sarasah Talang, Sarasah Murai, Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda antara 50-90 meter.

Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau. Terbentuknya lembah harau dikarenakan adanya patahan turun atau block yang turun membentuk lembah yang cukup luas dan datar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini