Romantis! Wisatawan Antusias Nikmati Keindahan Taj Mahal di Bawah Sinar Bulan

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 406 2460864 romantis-wisatawan-antusias-nikmati-keindahan-taj-mahal-di-bawah-sinar-bulan-NcvgcMtYOi.JPG Taj Mahal (Foto: Instagram/@tajmahalindiaofficial)

SETELAH ditutup lebih dari setahun, Taj Mahal kembali membuka wisata malamnya pada Sabtu, 21 Agustus 2021 lalu. Momen itu benar-benar dimanfaatkan para pengunjung untuk menjelajahi bangunan bersejarah itu di bawah sinar rembulan. Wisata malam Taj Mahal sebelumnya ditutup pada 17 Maret 2020 imbas pandemi Covid-19.

Sumber di Survei Arkeologi India mengatakan kepada India Today bahwa turis domestik dan asing sudah mulai berdatangan dalam kelompok besar di gerbang Taj Mahal pada hari Minggu bahkan sebelum monumen dibuka.

Arkeolog Pengawas Lingkaran Agra, Vasant Kumar Swarnkar mengatakan, terdapat tiga slot waktu bagi pengunjung, yakni mulai pukul 20.30-21.00, 21.00-21.30 dan 21.30-22.00 waktu setempat.

“Dalam setiap slot, 50 wisatawan akan diizinkan sesuai pedoman Mahkamah Agung negara itu. Tiket dapat dipesan sehari sebelumnya dari loket kantor ASI di 22 Mall Road di Agra,” katanya, melansir India Today.

Baca juga: Taj Mahal Kembali Dibuka, Pengunjung Dibatasi 650 Orang

Taj Mahal

(Foto: Instagram/@waytoindia)

Pada Minggu akhir pekan lalu, sebanyak 6.839 wisatawan berebut melihat Taj Mahal, sedangkan pada hari Senin jumlahnya naik menjadi 7.435.

Presiden Kamar Kesejahteraan Wisata Agra, Prahlad Agarwal mengatakan bahwa pembatasan waktu buka dan tutup Taj Mahal akhirnya dicabut setelah 82 hari.

Ia menambahkan, tugu yang seharusnya dibuka pada pukul 7 pagi, tetapi para turis sudah mulai berkumpul sejak pukul 5 pagi. Demikian pula, wisatawan hadir dalam jumlah besar di Benteng Agra juga.

Otoritas Pengembangan Agra lanjutnya, telah menyetujui pembukaan Mehtab Bagh untuk melihat malam Taj Mahal, dan sudah 75 wisatawan telah melakukan pemesanan.

Seorang penduduk Delhi, Joginder Singh datang bersama istrinya untuk menjelajahi monumen marmer. Ia menghargai langkah itu dan mengatakan istrinya selalu ingin melihat Taj Mahal di bawah sinar bulan.

Sementara itu, Hakim Distrik Prabhu N Singh mengingatkan bahwa meski pemerintah mengizinkan Taj Mahal dibuka kembali pada akhir pekan lalu, protokol pencegahan Covid-19 perlu diikuti secara wajib oleh para wisatawan.

“Jika protokol tidak diikuti, pemerintah dapat menerapkan tindakan yang lebih ketat untuk memastikan bahwa itu diikuti oleh semua,” katanya.

Pemerintah Uttar Pradesh pada Jumat lalu memutuskan mencabut sepenuhnya aturan jam malam akhir pekan di seluruh negara bagian. Keputusan itu diumumkan setelah Ketua Menteri Yogi Adityanath mengarahkan para pejabat untuk memertimbangkan mencabut lockdown menyusul penurunan kasus Covid-19 di wilayah itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini