Arab Saudi Izinkan Turis Pakistan Berkunjung Asal Sudah Divaksin Penuh

Gracella Kezia, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 406 2461266 arab-saudi-izinkan-turis-pakistan-berkunjung-asal-sudah-divaksin-penuh-HBUK7DBF1o.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@almalihaa)

PEMERINTAH Arab Saudi akhirnya melonggarkan pembatasan Covid-19 bagi mereka yang telah divaksinasi penuh, serta memungkinkan mereka untuk langsung melakukan perjalanan ke negara itu dari negara-negara yang menghadapi larangan perjalanan, termasuk Pakistan.

Melansir laman Saudi Gazette, kebijakan itu hanya berlaku bagi mereka yang memiliki izin tinggal yang sah (iqama) dan meninggalkan Kerajaan dengan visa keluar dan masuk kembali setelah mengambil dua dosis vaksin Covid-19 dari Arab Saudi.

Saat ini, negara-negara yang menghadapi larangan perjalanan antara lain India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, Ethiopia, Vietnam, Afghanistan dan Lebanon.

Pihak berwenang sebelumnya telah mengizinkan masuk kepada warga Saudi, diplomat asing, dan praktisi kesehatan dan keluarga mereka dari negara-negara yang menghadapi larangan perjalanan.

Baca juga: Termasuk Indonesia, Ini 13 Negara dalam Daftar Merah Arab Saudi

Sementara itu, Kedutaan Besar Pakistan di Riyadh menyambut baik keputusan otoritas Saudi. Pemimpin PTI Zulfi Bukhari menyebutnya sebagai 'langkah selamat datang' dan mengatakan bahwa Pakistan sangat berterimakasih atas dukungan tersebut.

Pada awal bulan ini, Arab Saudi telah memutuskan untuk mengizinkan masuknya wisatawan asing yang telah divaksinasi lengkap dengan vaksin Sinopharm atau Sinovac, asalkan mereka juga menerima suntikan booster dari salah satu dari empat vaksin yang disetujui oleh Kerajaan.

Keputusan tersebut dibarengi oleh pembukaan kembali pintu perbatasan bagi pengunjung internasional pada 1 Agustus lalu dengan syarat mereka diinokulasi oleh salah satu vaksin yakni Pfizer, AstraZeneca, Moderna atau Johnson & Johnson.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini