8 Kereta Gantung Terbaik di Dunia, Naiknya Nyaman Pemandangannya Spektakuler

Firziana Zahra, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 406 2462193 8-kereta-gantung-terbaik-di-dunia-naiknya-nyaman-pemandangannya-spektakuler-ybssL35y89.jpg The Peak Tram di Hong Kong (Mirror)

SIAPA yang tidak suka menaiki kereta mendaki bukit? Funicular adalah rel kereta api di mana dua gerbong yang seimbang secara permanen melekat pada ujung kabel yang berlawanan. Funicular berasal dari kata Latin funiculus yang berarti tali.

Kereta gantung tertua di dunia diyakini sebagai Reisszug, digunakan untuk mengangkut barang ke Kastil Hohensalzburg di Salzburg, Austria, yang berasal dari pergantian abad ke-16.

Namun, sebagian besar sistem lama yang menarik wisatawan berasal dari zaman Victoria, dengan struktur inovatif masih ditambahkan sampai sekarang.

Baca juga: Kereta Gantung di Meksiko Jadi Alat Transportasi bagi Warga Miskin

Melansir dari Mirror, Sabtu (28/8/2021), berikut adalah kereta gantung terbaik di dunia :

Monongahela dan Duquesne, Pittsburgh, Amerika Serikat

Monongahela setinggi 635 kaki adalah yang lebih tua dari dua rute di atas 400 kaki Mount Washington, dibuka pada tahun 1870 dan diikuti tujuh tahun kemudian oleh tetangganya yang 794 kaki.

Ilustrasi

The Monongahela Incline in Pittsburgh (Getty Images/iStock/Mirror)

Sementara yang pertama telah beroperasi terus menerus, yang terakhir ditutup pada tahun 1962. Beruntungnya, kereta tersebut diselamatkan oleh upaya komunitas dan dibuka kembali tahun depan sebagai organisasi nirlaba. Keduanya menawarkan pemandangan indah ke gedung pencakar langit di pusat kota yang diapit sungai.

El Peral, Valparaiso, Chili

Pelabuhan Pasifik yang penuh warna di Chili ini adalah rumah spiritual dari kereta gantung. Pada puncaknya, ada 30 yang beroperasi dan hari ini 16, dengan lima beroperasi. Beberapa berjalan di antara bangunan dan membentuk bagian dari situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Kemenparekraf Ungkap 5 Fakta Unik PON XX Papua 2021, Apa Saja?

Dari lima yang masih digunakan, kereta gantung El Peral adalah salah satu tempat wisata paling populer dan mulai beroperasi pada tahun 1902, menghubungkan pusat kota yang datar pada ketinggian 128 kaki, dengan pemandangan menghadap pelabuhan dan pusat kota.

Kereta Gantung Dresden, Jerman

Dresden Schwebebahn, memiliki gerbong yang tergantung dari jalur yang tinggi, adalah satu-satunya kereta gantung di dunia dan menghubungkan distrik Loschwitz dan Oberloschwitz di ibu kota bersejarah Saxony.

Stoosbahn, Schwyz, Swiss

Secara resmi Standseilbahn Schwyz–Stoos, memiliki gerbong berbentuk tong yang berputar untuk menjaga penumpang di lantai yang rata, dan dibangun pada kemiringan 47,7 derajat.

Dibuka pada tahun 2017 dan dipuji sebagai "kereta api paling curam di dunia" karena naik 2.441 kaki di jalur 5.710 kaki.

Budapest, Hongaria

Dibuka pada tahun 1870, Budavári Sikló adalah salah satu yang tertua di Eropa dan menghubungkan Jembatan Rantai Széchenyi yang dirancang dan dibangun oleh Inggris.

Peak Tram, Hong Kong

Salah satu kereta gantung paling terkenal di dunia, tidak mengecewakan, bahkan pada kunjungan berulang.

Dibuka pada tahun 1888, membawa penduduk dan pengunjung naik 1.207 kaki dari distrik Central pulau ke Victoria Peak di jalur 4.475 kaki.

Dari sini dapat terlihat pemandangan terbaik di jalan dan kemudian menuju ke Lion's View lookout di bagian atas untuk salah satu pemandangan kota terbesar di dunia.

Ilustrasi

Kereta Api Tebing Lynton dan Lynmouth, Devon

Dibuka pada tahun 1890, kereta gantung bertenaga air tercuram dan terpanjang di dunia mendaki 499 kaki ini menghubungkan kota-kota yang dipisahkan oleh tebing.

Fløibanen, Bergen, Norwegia

Kereta gantung berusia 103 tahun ini adalah salah satu atraksi wisata paling populer di negara Norwegia.

Dengan panjang 2,769 kaki, ia naik 991 kaki dari ujung bawah,.

Ada toko, kafe, dan restoran mewah di atas, dengan pemandangan yang sangat indah. Banyak pengunjung naik kereta dan berjalan kembali menyusuri jalur zig-zag melalui hutan, yang memakan waktu sekitar satu jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini