Share

Selamatkan Marmut dari Landasan Pacu Bandara, Pawang Anjing Tuai Pujian

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 406 2462234 selamatkan-marmut-dari-landasan-pacu-bandara-pawang-anjing-tuai-pujian-MLBUV8UImN.jpg Marmut (Pixabay.com)

SEORANG pawang anjing dari lembaga Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat atau Transportation Security Administration (TSA) menyelamatkan seekor marmut tanah dari landasan Bandara Internasional Washington Dulles.

TSA Explosives Detection Canine Handler, Shelby Tibbs telah melihat makhluk itu berlari di sekitar landasan pacu bandara saat ia menyelesaikan satu putaran pelatihan dengan Dux, pointer berambut pendek Jerman.

Baca juga:  Nekat Merokok di Pesawat, Wanita Ini Langsung Dijemput Polisi

Tibbs langsung pergi untuk mengambil marmut tanah yang menderita kepanasan di atas aspal landasan pacu.

"Hari itu sangat panas dan aspal terasa lebih dari 100 derajat. Saya berlari ke bawah, melilitkan tali di sekelilingnya beberapa kali dan mengangkatnya," kata Tibbs seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (28/8/2021).

Ilustrasi

Shelby Tibbs bersama marmut yang diselamatkannya (MWAA via Fox News)

Tibbs yang memiliki latar belakang pengendalian hewan dan memiliki inokulasi rabies, mengikatkan tali di mulut marmut tanah itu agar tidak menggigitnya.

Dibantu oleh personel dari Divisi Operasi Metropolitan Washington Airports Authority (MWAA), Tibbs kemudian membawa marmut tanah itu ke sungai di luar Dulles lalu dilepaskan ke alam liar.

Baca juga: Pesawat Lewati Landasan dan Masuk Rerumputan, Bandara Washington Ditutup

"Saya pikir dia ingin mengejar penerbangan ke tempat yang dingin karena hari itu sangat panas. Saya kira dia tidak bisa membeli tiket. Tapi dia penumpang yang sangat baik saat kami berkendara ke sungai terdekat," ujar Tibbs dengan nada bercanda.

Setelah peristiwa itu, Tibbs menuai pujian. Ia dijuluki oleh personel bandara sebagai Pembisik Groundhog.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini