Bandara Ini Target Bisa Wujudkan Emisi Nol Karbon pada 2050

Firziana Zahra, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 406 2462257 bandara-ini-target-bisa-wujudkan-emisi-nol-karbon-pada-2050-5niFdK96Q1.jpg Bandara Istanbul di Turki (Shutterstock)

BANDARA Istanbul di Turki menargetkan bisa mewujudkan emisi nol karbon dioksida atau CO2 pada 2050 di bawah lingkup inisiatif yang dipimpin oleh Airport Council International (ACI) yang meliputi 238 bandara di seluruh dunia.

Operator Istanbul Grand Airport (IGA) mengatakan terus bekerja menuju pembangunan berkelanjutan dan berkomitmen mewujudkan nol emisi CO2.

Baca juga: Libur Idul Adha, 5 Aktivitas Wisata Seru Bisa Dinikmati di Istanbul Turki

“ACI Net Zero 2050” awalnya dimulai pada Juni 2019 untuk memobilisasi bandara guna memerangi krisis iklim dan bergerak menuju pengurangan jejak karbon mereka.

Sebagai bagian dari upaya Bandara Istanbul dalam mengurangi emisi karbon, beberapa langkah diambil termasuk pembentukan Sistem Manajemen Energi ISO 50001, kegiatan efisiensi energi, peningkatan sistem dengan audit energi, Sistem Manajemen Gas Rumah Kaca ISO 14064, perhitungan gas rumah kaca, fortifikasi. pekerjaan, penggunaan kendaraan listrik dan pendirian stasiun pengisian kendaraan listrik.

Melansir dari Daily Sabah, Jumat (27/8/2021), bandara yang akan melanjutkan pekerjaan untuk mencapai targetnya pada tahun 2050, melakukan langkah-langkah tambahan seperti pendirian pembangkit listrik tenaga surya, menerima energi terbarukan dari jaringan listrik, dan transisi yang lebih besar ke kendaraan listrik.

Baca juga: Istana Berusia 3.500 Tahun Ditemukan, Tempat Tinggal Raja di Musim Panas

Kemudian pembentukan lebih banyak stasiun pengisian, menggunakan biodiesel di kendaraan berat, pekerjaan efisiensi energi dan penggunaan bahan bakar hidrogen untuk keperluan pemanasan dan transportasi sejalan dengan perkembangan teknologi.

CEO IGA Kadri Samsunlu yang pandangannya dimasukkan dalam pernyataan perusahaan, mengatakan IGA bertindak dengan pengetahuan bahwa mereka memiliki tanggung jawab besar terhadap generasi berikutnya.

“Kami telah menyiapkan peta jalan 'Net Zero CO2 Emission' kami untuk Bandara Istanbul, pintu gerbang Turki ke dunia dan melakukan perencanaan agresif untuk menciptakan strategi pengurangan emisi karbon,” katanya.

Dia mengatakan bahwa beberapa langkah yang ditargetkan adalah untuk jangka pendek dan beberapa untuk jangka panjang tetapi mereka akan melaksanakan semuanya pada tahun 2050.

Ilustrasi

Direktur Umum ACI EROPA Olivier Jankovec, untuk bagiannya, mengucapkan selamat kepada Bandara Istanbul karena menjadi bagian dari komitmen kolektif oleh bandara di seluruh dunia.

“Membawa pekerjaan dekarbonisasi ke arah yang sama sesuai dengan target global dan dengan demikian membawa agenda iklim ke depan bukanlah tugas yang mudah bagi sektor mana pun apalagi mereka yang paling dirugikan dari krisis COVID-19, proses pemulihan. yang akan berlangsung bertahun-tahun, ”kata Jankovec.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Bandara Istanbul yang secara sukarela melakukan lebih banyak dengan fokus pada target net-zero,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini