Destinasi Wisata di Sumbar Kurang Melokal, Ini Kata Sandiaga Uno

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 406 2462443 destinasi-wisata-di-sumbar-kurang-melokal-ini-kata-sandiaga-uno-fxWhLXglhk.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

SUMATERA Barat menjadi provinsi penyumbang desa wisata terbanyak pada gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesa (ADWI) 2021, dengan kurang lebih 231 desa wisata.

Sayangnya, beberapa destinasi wisata di Sumatera Barat justru dinilai kurang menonjolkan kekayaan budaya lokal. Salah satunya destinasi wisata Harau, yang menghadirkan Kampung Korea atau desa wisata lainnya dengan Kampung Jepang yang mengedepankan aspek instagramable.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kondisi tersebut memang jadi tantangan sektor pariwisata Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Uno Kenang Masa Kecil Dengar Ceramah Buya Hamka di Masjid Al-Azhar

“Saya merasa ini adalah tantangan kita, bagaimana caranya kita berwawasan global tapi tetap berkearifan lokal,” kata Sandi dalam kunjungan kerja di Padang, Sumbar, Jumat, 27 Agustus 2021.

Ia mencontohkan sosok ulama, guru dan penulis besar yang sekaligus putra daerah Sumatera Barat yakni Buya Hamka yang mendapat ilmu dari luar negeri tapi tetap mengamalkannya untuk Indonesia.

“Jadi kita boleh seperti Buya Hamka, mendapatkan ilmu dari luar negeri tapi kembali memijak di Danau Maninjau ini. Kita berharap bangsa Indonesia, khususnya di Sumatera Barat ini memiliki budaya lokal yang sangat kaya raya,” tuturnya.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini